sign up SIGN UP search


parenting

5 Wisata Outdoor Seru, Ramah Anak dan Penuh Edukasi

Maya Sofia Jumat, 08 Oct 2021 16:20 WIB
Bunga sakura mekar di Kebun Raya Cibodas caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika dahulu, kita bebas beraktivitas di luar rumah tanpa mengenakan masker dan tak perlu menjaga jarak, kini berlaku sebaliknya ya, Bunda.

Bunda juga mungkin masih waswas mengajak Si Kecil liburan mengingat pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Jika Bunda khawatir, ada tempat wisata outdoor atau luar ruangan yang bisa jadi alternatif nih.

Menurut penelitian terbaru dari North Carolina State University, bermain di luar ruangan dan aktivitas berbasis alam membantu mencegah beberapa dampak negatif kesehatan mental akibat pandemi COVID-19 bagi anak remaja. Dalam penelitian yang diterbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health tersebut, aktivitas di luar ruangan dan kegiatan berbasis alam membantu remaja mengatasi sumber stres, seperti pandemi COVID-19.


Menarik ya, Bunda. Selain itu, dikutip dari Mommiesdaily, aktivitas luar ruangan sangat bermanfaat untuk keterampilan motorik anak lho. Si Kecil juga bisa belajar banyak hal baru, apalagi jika wisatanya berhubungan dengan alam dan edukasi.

Tidak perlu jauh-jauh, di area Jabodetabek hingga Cianjur juga banyak tempat wisata outdoor yang ramah anak. Simak rekomendasinya berikut ini yuk.

1. D'Kandang Amazing Farm @dkandang

Wisata outdoor yang satu ini berlokasi di Perumahan PGRI. Tepatnya Jalan Penarikan. RT 01/RW 02, Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Di tempat ini, Bunda dan Si Kecil bisa menikmati berbagai fasilitas menarik, seperti wahana menunggang kuda, ATV, fun archery, memberi pakan kelinci, hingga panen sayuran.

Lalu berapa harga tiketnya ya, Bunda? Untuk masuk ke tempat ini, Bunda perlu menyiapkan uang sebesar Rp18.000 jika datang pada hari Senin-Kamis. Sementara pada hari Sabtu-Minggu, harga tiket yang dikenakan sebesar Rp20.000. Meski demikian perlu dicatat, Bunda, harga tersebut belum termasuk biaya per wahana dan paket wisata.

2. Scientia Square Park

Beralih ke daerah Tangerang, di sini ada tempat wisata outdoor yang juga tak kalah seru nih, Bunda. Berlokasi di Jalan Scientia Bloulevard, Curug Sengereng, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang, Banten, wisata yang satu ini menawarkan fasilitas berupa teman bermain, taman bunga, skatepark, tempat persewaan kuda, sepeda, hingga jogging track. Cocok bagi Bunda dan Si Kecil yang menyukai olahraga di luar ruangan.

Harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata ini di hari biasa atau Senin-Jumat adalah Rp30.000. Sementara di Sabtu-Minggu, Bunda harus merogoh kocek sebesar Rp65.000

3. Kebun Raya Cibodas

Wisata outdoor yang satu ini cocok bagi Bunda yang ingin memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan kepada Si Kecil. Kebun Raya Cibodas berlokasi di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300 s.d. 1.425 meter di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektare. Atau lebih tepatnya di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di tempat ini, Bunda dan Si Kecil bisa menikmati keindahan berbagai koleksi tanaman bunga dan pepohonan. Kemudian jika datang di waktu yang tepat, Bunda juga bisa menikmati keindahan pohon sakura. Bagi Bunda yang gemar hiking juga bisa menjajal rute menuju air terjun. Untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas, Bunda perlu membayar untuk harga tiket masuk sebesar Rp16.000 per orang.

Klik halaman berikutnya untuk melihat wisata outdoor lainnya lagi yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MENANAM PADI HINGGA MEMBERI MAKAN TERNAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!