sign up SIGN UP search


parenting

Bacakan Fabel Kelinci dan Kura-Kura agar Si Kecil Jadi Pribadi yang Rendah Hati

Nanie Wardhani Selasa, 02 Nov 2021 19:48 WIB
Happy Asian family mother and daughter on bed in bedroom say good night before sleep Ilustrasi membacakan dongeng/Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Jakarta - Bunda pasti sudah kenal dengan cerita fabel berjudul Kelinci dan Kura-Kura. Pesan moral dari cerita ini cukup bagus lho untuk diajarkan kepada Si Kecil. Pesan pentingnya yakni kita tidak boleh memiliki sifat sombong seperti Si Kelinci.

Bunda bisa bacakan cerita fabel tentang Kelinci dan Kura-kura ini sebagai bacaan sebelum tidur. Apalagi, seperti dilansir dari Healthline, ada banyak manfaat yang didapatkan anak dari membacakan dongeng sebelum tidur.

Bayi dan anak kecil dapat diibaratkan spons yang menyerap hampir semua hal di lingkungan mereka dengan mudah. Bahkan selama waktu dibacakan dongeng, pikiran mereka bekerja, menyerap semua bahasa yang mereka dengar dan pelajaran yang diberikan oleh karakter.


Membaca untuk anak pada usia berapa pun akan meningkatkan perkembangan otak mereka, mempererat ikatan Bunda dan Si Kecil, dan banyak lagi manfaatnya. Dan yang dibutuhkan hanyalah beberapa buku, motivasi, dan sedikit waktu.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu WartegBanner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg/ Foto: HaiBunda/Mia

Tapi apakah Bunda masih bingung bagaimana menceritakan kisah singkatnya kepada Si Kecil ? Yuk, kita simak Bunda cerita lengkapnya untuk diceritakan kepada Si Kecil.

Di sebuah hutan semua hewan bersahabat dengan baik sehingga keadaan hutan selalu dalam keadaan tenang. Tiba-tiba ketenangan hutan terganggu dengan hadirnya Si Kelinci. Si Kelinci itu berlari mengelilingi hutan dan itu dilakukannya setiap hari sehingga mengganggu ketenangan semua hewan di sana.

Semua hewan pun telah ditantangnya, tapi tak ada yang mampu melawan kecepatan berlari kelinci. Ia merasa yang paling cepat dan paling pintar di hutan itu.

Pada suatu pagi, Kelinci mengumpulkan semua hewan dan memberikan sebuah pengumuman.

“Aku akan memberikan sebuah kancing emas. Barang siapa ada yang bisa mengalahkanku berlari hingga ke ujung telaga,” seru kelinci.

Lalu kelinci menunjuk Rubah sambil berseru, “Kamu berani menerima tantanganku?” si Rubah pun menjawab “Tidak. Tidak.”

Kelinci pun lanjut bertanya kepada yang lain, “Apa kamu berani Semut menerima tantanganku?” Semut dengan suara kecilnya langsung berteriak, “Tidak. Aku tidak mau. Yang lain saja!”

Merasa tidak ada yang berani menerima tantangannya, Si Kelinci pun tertawa dengan bangga sambil berkata, “HAHAHA ! Ternyata tidak ada yang berani melawanku di hutan ini.”

Tiba-tiba datanglah Kura-kura, lalu mengacungkan tangannya yang pendek itu dan beseru dengan nada pelan, “Aku akan menerima tantangmu hai Kelinci!” seketika Si Kelinci tertawa terbahak-bahak.

“HAHAHAHA! Tak kusangka ternyata Si Kura-kura yang lambat ini berani melawan raja lari ini. Baiklah! Persiapkan kekalahanmu besok pagi Kura-kura!"

Hari perlombaan yang ditentukan pun akhirnya tiba. Semua hewan telah berkumpul untuk menonton pertandingan antara Si Kelinci dan Si Kura-kura. Bendera tanda mulainya pertandingan telah di angkat oleh Si Monyet. “BERSEDIA! SIAP! TIGAAA! DUAAA! SATUUU! MULAAIIIIII!“ seru Si Monyet.

Kelinci langsung melesat ketika bendera diturunkan. Meninggalkan Kura-kura yang berlari dengan pelan. “HAHAHA! Selamat tinggal! Lamban! Preeeet!“ ejek Si Kelinci kepada Si Kura-kura. Kura-kura hanya tersenyum sambil berlari. Ia tidak menanggapi ejekan Si Kelinci. Semua hewan mendukung Kura-kura. Dalam sekejap Kelinci sudah hampir mencapai garis finish.

Simak kelanjutannya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang manfaat berdongeng untuk anak

 [Gambas:Video Haibunda]



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CERITA FABEL KELINCI DAN KURA-KURA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!