sign up SIGN UP search


parenting

Fabel Sebelum Tidur: Bacakan Si Kecil Dongeng Balas Budi Seekor Semut

Nanie Wardhani Minggu, 02 May 2021 20:34 WIB
Cerita fabel yang bercerita tentang hewan-hewan kaya nilai moral bisa diceritakan kepada Si Kecil sebagai salah satu bacaan sebelum tidur. Simak referensinya! ilustrasi cerita fabel/ Foto: iStock

Jakarta - Si Kecil memiliki jadwal tidur tidak teratur dan sering tidur larut malam? Duh, pasti bikin Bunda was-was ya karena khawatir hal itu mengganggu pertumbuhannya.

Seperti yang kita tahu ya, Bunda, anak-anak harus dibiasakan tidur tepat waktu. Selain kurang jam istirahat, tidur terlalu malam akan menyebabkan masalah lainnya. Sebab itu, anak-anak sudah harus tidur sebelum jam 23.00-02.00 yang dikenal sebagai periode deep sleep.

"Dengan deep sleep dari jam 23-02, anak bisa terhindar dari stunting," ujar Dr dr Damayanti R Sjarif SpA (K), Konsultan Nutrisi dan Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM 


Jika Bunda mengalami masalah semacam ini, mungkin harus ada perubahan kebiasaan yang Bunda lakukan bersama Si Kecil. Salah satu hal yang bisa Bunda terapkan untuk membuat Si Kecil tidur teratur adalah dengan membiasakan kegiatan tertentu sebelum tidur, yang memberikan sinyal kepada Si Kecil bahwa dia sudah mendekati waktunya beristirahat.

Beberapa hal yang bisa Bunda lakukan di antaranya adalah mengganti popok mereka, meredupkan lampu atau melakukan kegiatan sebelum tidur seperti membacakan dongeng sebelum tidur.

Untuk dongeng sebelum tidur, selain membaca buku kesukaan Si Kecil, Bunda juga bisa memperkenalkan cerita fabel ke Si Kecil. Apa sih cerita fabel itu? Cerita fabel adalah dongeng yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokoh utamanya. Dalam cerita fabel, hewan-hewan ini bisa bersikap seperti manusia, seperti berbicara, makan, minum, dan sebagainya.

Isi cerita dari sebuah cerita fabel biasanya mengandung nilai moral yang bermanfaat untuk diketahui oleh Si Kecil. Karena itu, jangan ragu untuk menceritakan cerita fabel untuk Si Kecil ya, Bunda. 

Salah satu cerita fabel yang bisa Bunda ceritakan pada Si Kecil adalah dongeng Balas Budi Seekor Semut. Berikut ceritanya, dilansir dari detikcom ya Bunda.

Suatu hari ada seekor semut yang jatuh ke sungai, lalu ia pun meminta pertolongan. Melihat semut membutuhkan pertolongan, seekor merpati pun membawa selembar daun dan menolong semut tersebut keluar dari sungai. 

Beberapa waktu kemudian, semut itu melihat seorang pemburu yang sedang menargetkan burung merpati tadi untuk ditembaknya. Setelah melihat hal itu, semut pun menggigit si pemburu hingga kesakitan dan tembakannya pun meleset dari sang merpati. 

Pesan moral dari cerita ini adalah agar jangan pernah lupa membalas kebaikan orang lain yang pernah membantu kita, serta perbanyaklah melakukan kebaikan untuk siapa pun yang ada di lingkungan sekitar.

Selain cerita di atas, ada banyak lagi cerita fabel yang bisa Bunda ceritakan pada Si Kecil, Bun. Semua itu bisa membantu Bunda untuk kembali membuat ritual dan jam tidur Si Kecil. Lalu selain membaca cerita fabel, apa lagi yang bisa Bunda lakukan untuk membentuk rutinitas jam tidur Si Kecil? Simak lengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda juga bisa membuat properti dongeng dari bahan-bahan bekas seperti di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBENTUK RUTINITAS MENJELANG TIDUR PADA SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi