sign up SIGN UP search


parenting

Vaksin COVID-19 Anak 5-11 Tahun Bisa Mulai Digunakan Awal 2022, Asalkan...

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 27 Oct 2021 09:21 WIB
A medium shot of a Caucasian, young girl receiving her Covid-19 vaccination from a nurse. They are both wearing a protective face mask. caption
Jakarta -

Peningkatan jumlah peserta vaksinasi COVID-19 membuat Indonesia semakin membaik dan terbebas dari zona merah, Bunda. Meski begitu, hanya ada beberapa kelompok masyarakat yang boleh menerima vaksin ini misalnya saja tenaga kesehatan, Bunda hamil, Bunda menyusui, lansia, dan anak berusia di atas 12 tahun.

Karena kelompok anak berusia 5 sampai 11 tahun belum diperbolehkan menerima vaksin COVID-19, banyak sekolah yang belum melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Bunda.

Akhirnya, Bunda yang memiliki anak berusia di bawah 12 tahun bisa bernapas lega. Indonesia mulai membuka peluang vaksin setelah melakukan berbagai studi dan penelitian dari tiga jenis vaksin COVID-19 yang digunakan yakni Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.


Perjuangan Indonesia untuk memberikan vaksinasi pada kelompok anak usia 5-11 tahun pun berbuah manis. Kabarnya, izin persetujuan vaksin ini akan diberikan pada akhir tahun, Bunda.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi, dalam sebuah konferensi pers daring pada Selasa (26/10/2021) kemarin. Budi mengatakan bahwa ia mengharapkan ketiga vaksin ini nantinya bisa digunakan sebagai penggunaan darurat, Bunda.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg

"Terkait pemberian vaksin untuk usia anak-anak, sudah ada tiga vaksin yang melakukan uji klinis, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer," paparnya.

"Dan diharapkan sampai akhir tahun bisa keluar ketiganya untuk emergency use authorization-nya (EUA)," lanjutnya.

Budi juga menerangkan kalau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tengah berusaha untuk mempercepat proses izin EUA ketiga vaksin untuk usia 5 sampai 11 tahun, Bunda. Kalau hasil uji klinis sudah keluar, maka pemberian vaksin bisa dimulai awal tahun 2022.

"Kita sekarang tengah bekerja sama dengan BPOM juga untuk memastikan kita bisa mengeluarkan sesegera mungkin (EUA), sesudah negara asal ketiga vaksin tersebut bisa digunakan untuk anak-anak usia 5-11 tahun," ujar Menkes Budi.

"Rencananya kalau itu sudah keluar hasil uji klinisnya, kita bisa mulai untuk digunakan di awal tahun depan (2022)," sambungnya kemudian.

Berdasarkan efikasinya, vaksin Pfizer 91 persen efektif mencegah kasus COVID-19 bergejala pada anak berusia lima sampai 11 tahun, Bunda. Hal ini diungkapkan berdasarkan data studi yang dirilis perusahaan pada Jumat lalu.

Bagaimana studi ini bisa dilakukan? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!