sign up SIGN UP search


parenting

Kabar Gembira! Vaksin Covid untuk Anak Usia 12-17 Th Segera Dimulai

Annisa A Selasa, 29 Jun 2021 13:25 WIB
Vaccine, Vaccination Hepatitis B virus for child baby. Doctors vaccinate the thighs of children caption
Jakarta -

Anak-anak di bawah usia 18 tahun akan mendapat giliran vaksinasi COVID-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemerintah akan segera menjalankan program tersebut untuk anak usia 12-17 tahun, Bunda.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin Sinovac. Langkah ini juga dilakukan sebagai perlindungan bagi anak Indonesia.

Vaksin Sinovac dinyatakan aman digunakan bagi anak berusia 12 hingga 17 tahun sehingga program vaksinasi bagi anak-anak di usia tersebut dapat segera dimulai.

"Langkah ini juga untuk merespons semakin tingginya angka COVID-19 kepada anak sehingga harus diambil langkah nyata sebagai bentuk perlindungan negara. Ini penting agar kebijakan bisa segera diterapkan dan vaksinasi bagi anak bisa terlaksana secara luas," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam rilisnya.

Bintang Puspayoga menyatakan akan segera menindaklanjuti kebijakan tersebut. Pemerintah berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak terkait agar program dapat segera terlaksana, Bunda.

"Fokus kami adalah melindungi anak dan meyakinkan kalau hak-hak anak terpenuhi secara baik, meskipun dalam suasana pandemi COVID-19. Kepentingan terbaik anak adalah prioritas di tengah pandemi ini," tuturnya.

Banner Resep Masakan Rendah Kalori

Sementara itu, data nasional saat ini menunjukkan proporsi kasus konfirmasi positif COVID-19 pada anak usia 0-18 tahun sebanyak 12,5 persen. Itu artinya, 1 dari 8 kasus terkonfirmasi positif merupakan anak-anak.

Tak hanya itu Bunda, dari jumlah kasus positif anak tercatat 50 persen di antaranya merupakan kasus kematian COVID-19 dari anak balita.


Hingga Sabtu (26/6/21), program vaksinasi COVID-19 nasional sendiri telah mencapai angka 1,3 juta suntikan. Pencapaian ini tercatat lebih cepat dari target yang ditetapkan sebelumnya oleh pemerintah, yakni 1 juta suntikan perhari mulai Juli 2021.

Saksikan juga video penjelasan mengenai vaksinasi COVID-19 untuk anak di bawah umur.

[Gambas:Video Haibunda]

PREDIKSI VAKSIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi