sign up SIGN UP search


parenting

7 Film Kartun Terbaru 2021, Berisi Pesan Moral Positif untuk Anak

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 28 Oct 2021 19:30 WIB
Film animasi Raya and the Last Dragon caption
Jakarta -

Film kartun bisa dijadikan media untuk mengajarkan anak berperilaku positif. Tak sedikit film kartun yang jalan ceritanya khusus dibuat untuk anak-anak, Bunda.

Tim peneliti dari Penn State College of Medicine pernah menyoroti tentang bagaimana anak-anak mendapatkan pengetahuan dari tema positif dan negatif yang ditawarkan dalam film. Mereka menyebut bahwa orang tua sebaiknya mendampingi anak menonton film sambil berdiskusi tentang muatan positif di dalamnya.

"Orang tua sering kali ingin membicarakan tema negatif yang mereka lihat di film, seperti narkoba atau kekerasan, dan mereka seperti harus melakukannya," salah satu tim peneliti, Vistoria Heasley.


"Tetapi, penting juga untuk membicarakan tema-tema positif, seperti bagaimana para karakter bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah. Jika Anda membicarakan hal negatif sambil memanfaatkan hal positif, maka itu bisa menjadi diskusi yang sangat produktif," sambungnya, dikutip dari Pens State News.

Ya, saat anak menonton film kartu, Ayah dan Bunda perlu mendampinginya ya. Jelaskan jalan cerita dan pengembangan karakter secara positif. Banyak pesan moral yang bisa didapat anak dengan berdiskusi bersama orang tuanya sambil menonton.

Namun, tak semua film kartun boleh ditonton anak-anak. Bunda perlu memilih film yang memang jalan ceritanya ringan dan berkisah tentang petualangan anak-anak.

Film kartun terbaru 2021

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum tujuh film kartun terbaru 2021:

1. Raya and The Last Dragon

Film kartun Raya and the Last Dragon bisa dijadikan media untuk mengenalkan keberagaman budaya pada anak. Film produksi Walt Disney Animation Studios ini mengangkat budaya Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Film Raya and the Last Dragon bercerita tentang negeri fantasi bernama Kumandra. Dahulu kala, manusia dan naga hidup berdampingan di negeri Kumandra. Namun, saat kekuatan jahat mengancam negeri itu, para naga harus berjuang mengorbankan diri mereka demi menyelamatkan manusia.

500 tahun kemudian, kekuatan jahat itu kembali mengganggu kedamaian Kumandra. Kelanjutan nasib negeri ini bergantung pada seorang pendekar tangguh bernama Raya.

Bersama sahabat setianya, Tuk Tuk, dan beberapa teman yang dia temui selama perjalanan, Raya berjuang bersama sang naga terakhir untuk mempersatukan kembali Kumandra. Petualangan demi petualangan harus dihadapi Raya dan teman-temannya.

Banyak pesan moral yang bisa didapat anak dari film ini. Beberapa di antaranya adalah arti persahabatan, semangat gotong-royong, dan menjadi pemberani.

2. My Little Pony: A New Generation

Si Kecil pecinta serial Little Pony? Jangan sampai terlewat film kartunnya yang berjudul My Little Pony: A New Generation ya, Bunda.

Dilansir IMDb, film yang dibintangi Vanessa Hudgens dan Kimiko Glenn ini bercerita tentang petualangan Earth Pony Sunny menyatukan kembali Kerajaan Equestria. Kerajaan ini telah kehilangan sihirnya.

Earth Ponies, Unicorns, and Pegasi bahkan sudah tidak lagi bertema dan hidup terpisah sesuai spesiesnya. Earth Pony Sunny bertekad untuk menemukan cara demi menyatukan kembali sahabat dan kerajaannya.

Ia lalu bekerjasama dengan Unicorn Izzy untuk mewujudkan impiannya. Selama petualangan, kedua sahabat ini bertemu dengan Pegasi Pipp, Zipp, dan Hitch.

3. Luca

Luca adalah film kartun yang tayang pada bulan Juni 2021. Film yang disutradarai Enrico Casarosa ini berhasil menjadi Box Office lho, Bunda.

Film Luca mengambil setting di kota tepi laut di Italian Riviera. Diceritakan seorang anak laki-laki bernama Luca menjalani musim panas di tepi laut tersebut.

Luca menghabiskan waktu seru bersama sahabat yang baru ditemuinya di sana. Namun, hidupnya berubah ketika bertemu monster laut dari dunia lain yang tinggal di bawah permukaan laut.

Monster bernama Alberto ini bisa berubah menjadi menusia dalam kondisi kering, tapi kembali ke bentuk aslinya saat terkena air. Petualangan Luca pun dimulai saat dia pergi ke Isola del Mare bersama Alberto.

Adit Sopo Jarwo The MovieAdit Sopo Jarwo The Movie/ Foto: Disney+ Hotstar Indonesia/ YouTube MD Pictures

4. Adit Sopo Jarwo: The Movie

Film Adit Sopo Jarwo diangkat dari serial animasi tahun 2014. Adit Sopo Jarwo: The Movie adalah film animasi karya anak bangsa yang diproduseri oleh Manoj Punjabi dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan Eki N.F.

Film ini bercerita bercerita tentang seorang anak bernama Adit. Suatu hari, Adit terpisah dari orang tuanya di Stasiun Cirebon, Bunda.

Adit yang kebingungan mencari orang tuanya lalu bertemu dengan Jarwo dan seorang porter kereta api bernama Sopo. Jarwo dan Sopo mendekati Adit karena melihatnya kebingungan dan sedih.

Keduanya lalu memutuskan untuk menemani Adit mencari orang tuanya, Bunda. Adit, Jarwo, dan Sopo lalu memulai petualangan mencari orang tua Adit dari Stasiun Cirebon ke Yogyakarta.

Ketiganya harus menghadapi berbagai macam rintangan dalam perjalanan. Selama berpetualang, mereka pun banyak belajar tentang persahabatan.

5. Nussa

Film animasi Nussa bisa menjadi alternatif tayangan untuk ditonton anak pada akhir pekan. Film ini masih tayang di beberapa bioskop di Tanah Air Bunda.

Nussa bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Nussa. Ia dikenal sebagai anak pintar yang menyukai bidang sains di sekolah. Ia pun menjadi andalan sekolahnya untuk ikut bertanding di kompetisi sains antar sekolah.

Namun, hidup Nussa berubah karena kehadiran Jonni, anak baru di sekolah. Jonni memiliki banyak keunggulan dibandingkan Nussa, termasuk kemampuan di bidang sains.

Suatu hari Nussa membuat eksperimen roket, namun gagal dan kalah dari Jonni. Perhatian teman-teman Nussa pun beralih ke Jonni. Nussa yang terpukul semakin sedih saat tahu sang ayah membatalkan janji untuk pulang.

Film ini menceritakan perjuangan Nussa untuk kembali bangkit dari keterpurukan. Ia pun dituntut untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, Bunda.

6. Encanto

Encanto adalah film kartun yang akan tayang di bulan November tahun ini. Film ini menceritakan kisah keluarga Madrigals, yang hidup tersembunyi di pegunungan Kolombia. Mereka tinggal di rumah ajaib, di kota yang mempesona bernama Encanto.

Keajaiban Encanto telah memberkati setiap anak dalam keluarga Madrigals dengan kekuatan super. Namun, ada satu anak di keluarga ini yang tidak memiliki kemampuan. Dia adalah Mirabel.

Suatu hari, dia menemukan bahwa sihir yang mengelilingi Encanto dalam bahaya, begitu pun sihir yang dimiliki keluarganya. Mirabel adalah satu-satunya harapan yang bisa menyelamatkan kota dan keluarganya, Bunda. Mirabel pun bertekad untuk berjuang demi orang-orang yang disayangnya.

7. Sing 2

Pecinta film animasi Sing 2 wajib menonton lanjutan di musim kedua nih. Film anak berlatar musik ini akan kembali hadir membawa cerita baru yang enggak kalah seru dari film sebelumnya.

Sing 2 akan tayang akhir tahun ini, Bunda. Film ini bercerita tentang Buster Moon yang berusaha untuk debut di Crystal Tower Theatre di Redshore City.

Namun, Buster tidak memiliki koneksi untuk bisa debut di panggung glamor itu. Ia pun mengajak teman-teman satu grupnya untuk menyelinap ke kantor Crystal Entertainment yang terkenal di dunia, yang dipimpin oleh serigala maestro kejam bernama Jimmy Crystal.

Suatu hari, salah satu anggota grup, Gunter, secara spontan melontarkan ide tak masuk akal yang langsung dijalankan Buster dengan cepat. Dalam perjalanannya, Buster bertemu degan legenda rock bernama Clay Calloway.

Film ini banyak bercerita tentang perjuangan Buster dan teman-temannya untuk sukses. Mereka terus berusaha meraih mimpi dengan saling membantu.

Simak juga alasan kenapa Bunda mesti dampingi anak nonton film kartun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!