sign up SIGN UP search


parenting

Rekomendasi 7 Film Kartun yang Cocok Jadi Agenda Quality Time Keluarga

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 12:35 WIB
Kung fu Panda caption
Jakarta -

Perlu Bunda ketahui bahwa tidak semua film kartun itu ditujukan bagi anak-anak. Ada juga film kartun dewasa yang alur ceritanya ditujukan bagi mereka yang sudah berusia 13 tahun ke atas.

Adalah tugas Bunda dan Ayah untuk mengawasi dan memilih dengan tepat sajian film kartun yang hendak ditonton oleh Si Kecil. Film-film yang Bubun rekomendasikan di bawah ini adalah film kartun yang aman ditonton oleh Si Kecil. Bahkan bisa menjadi pilihan saat quality time dengan keluarga:

Rekomendasi Film Kartun

1. Kung Fu Panda

Kung fu PandaKung fu Panda/ Foto: imdb

Kung Fu Panda merupakan kisah panda bernama Po yang menjadi berusaha menjadi seorang Kung Fu Master. Untuk bisa melakukannya, Po harus belajar kung fu dari perguruan ternama lengkap dengan seluruh anggota tim di dalamnya. Awalnya Po dianggap sebagai panda tukang makan yang tidak bisa apa-apa, tapi pada akhirnya Po membuktikan bahwa dirinya layak menjadi Kung Fu Master.


Film Kung Fu Panda ini sudah diproduksi menjadi tiga film layar lebar dan serial. Tinggal Bunda pilih saja ya mana yang ingin disaksikan Si Kecil bersama dengan Bunda.

2. Syamil dan Dodo

Film ini masuk rekomendasi karena penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan anak yang berkualitas. Kisah persahabatan antara Dodo, anak berkepala botak yang ceria dan kadang jahil, dengan Syamil, anak yang pintar serta patuh dan taat agama.

Mereka saling mengajarkan mengenai tata nilai moral di masyarakat dan agama. Banyak nilai bagus yang bisa menjadi pelajaran bagi anak di film serial ini, Bun.

3. Ali and Sumaya

Ali and Sumaya adalah kisah kakak-beradik dengan nilai Islam yang kuat. Bahasa pengantar dari film ini adalah menggunakan Bahasa Inggris, dengan begitu Si Kecil bisa belajar bahasa baru nih.

Dari rekomendasi para orang tua di dunia maya disebutkan bahwa film ini bisa mengajarkan mengenai salat dan zakat. Anak jadi mengerti makna beribadah ke Allah SWT dengan cara yang menyenangkan.

4. Nussa

NussaNussa/ Foto: (dok. official Nussa)

Nussa awalnya tayang di YouTube hasil karya produksi dalam negeri yakni The Little Giantz Production. Film ini mengisahkan tentang anak lelaki, Nussa, yang berbesar hati dan bersyukur meski salah satu kakinya tidak ada. Ia bersama sang adik, Rara, selalu ceria menjalani hari-hari dengan sisipan nilai keagamaan. Selain mengandung nilai positif, visual film ini juga bagus dilihat, Bun.

5. Riko The Series

Riko The Series menceritakan tentang Riko si anak lelaki cerdas yang selalu ingin tahu dengan robot kesayangannya. Semua pertanyaan yang dilontarkan adalah sesuai dengan problem anak-anak pada umumnya seperti malas minum susu hingga bersyukur atas apa yang dimiliki.

6. Zootopia

Zootopia menjadi salah satu produksi Disney yang memancing ragam reaksi netizen. Ini karena kontennya yang cukup unik dengan menggunakan personifikasi hewan-hewan imut yang memiliki sifat seperti manusia.

Tokoh utamanya adalah seekor kelinci bernama Judy yang dianggap lemah. Dia berhasil membongkar kejahatan yang awalnya dikira didalangi hewan buas. Tapi nyatanya perkiraan ini salah dan penjahatnya adalah sosok yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

7. Inside Out

Inside Out dari Disney ini mengisahkan tentang pikiran yang berkecamuk pada Riley --gadis muda yang baru saja berpindah kota. Pikiran ini ternyata digawangi oleh lima emosi utama yang dimiliki manusia.

Penjabaran sifat dari para emosi ini dilakukan dengan cara sederhana sehingga mudah dipahami anak-anak. Bunda bisa menyisipkan bagaimana emosi bisa memengaruhi Si Kecil ketika marah, menangis, dan bahagia. (PK)

Simak juga video berikut mengenai rekomendasi film Bollywood yang berisi soal anak.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!