sign up SIGN UP search

parenting

Jangan Biarkan Anak Mager Bun! Ini 5 Tips Ajarkan Si Kecil Bergerak Aktif

Mutiara Putri Senin, 08 Nov 2021 15:14 WIB
Overjoyed young Asian mom and cute little biracial daughter have fun dancing in living room together, happy millennial mother play involved in funny activity with small Vietnamese girl child at home Ilustrasi Ajarkan Anak Bergerak Aktif/Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Selama masa pandemi, pemerintah memutuskan untuk menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada hampir seluruh sekolah dan kampus di Indonesia, Bunda. Pembelajaran ini dilakukan secara online di rumah masing-masing.

Setelah hampir dua tahun berada dalam masa pandemi, kini pemerintah memberikan kabar baik dan mengungkap kalau Indonesia sudah bebas dari zona merah dan daerah status PPKM level 4. Karena itu, pemerintah mulai memperbolehkan beberapa sekolah yang sudah memenuhi syarat untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM.

Sayangnya, kebiasaan yang dibuat selama PJJ berlangsung bisa menjadi kebiasaan buruk bagi Si Kecil, Bunda. Salah satu contohnya adalah Si Kecil jadi jarang bergerak dan lebih fokus pada gadget atau laptop.


"Karakter ini bisa menjadi tidak baik ketika anak-anak kita berinteraksi dengan dunia maya dan jarang berinteraksi secara sosial," ungkap Dra. Sri Wahyuningsi, M.Pd dalam acara Kampanye edukatif dari Kemendikbudristek dan Kalbe Consumer Health melalui Sakatonik ABC, Jumat (5/11/2021).

Tak hanya itu, Dr. Ade Jeanne D.L. Tobing, Sp.K.O, mengungkapkan bahwa WHO dan PDSKO mengungkap bahwa anak-anak wajib bergerak setidaknya 60 menit setiap harinya.

"Bergeraklah supaya sehat. Hindari mager, malas gerak. Anak-anak harus bergerak minimal 60 menit dalam sehari. Ini rekomendasi dari WHO (organisasi kesehatan dunia) dan PDSKO atau Perhimpunan Dokter Sp.K.O," ungkapnya.

"Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak," sambungnya kemudian.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan agar Si Kecil tetap bergerak aktif, Bunda. Misalnya saja dengan melakukan kegiatan senam.

Senam untuk Si Kecil bisa dilakukan dengan gerakan yang menyenangkan, Bunda. Dengan begitu, daya tahan tubuh, kekuatan otot, kekuatan tulang, serta ketahanan jantung dan paru-paru Si Kecil bisa meningkat.

Terkadang banyak anak yang tak peduli dengan kegiatan mereka sehari-hari karena lebih suka bermain gadget. Lantas bagaimana cara agar Bunda bisa membuat Si Kecil suka bergerak aktif?

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video 5 olahraga yang bisa menambah tinggi badan anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS AJARKAN ANAK BERGERAK AKTIF
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!