parenting

6 Cara Mendidik Anak agar Kuat Mental

Yuni Ayu Amida Rabu, 15 Jan 2020 17:15 WIB
6 Cara Mendidik Anak agar Kuat Mental 6 Cara Mendidik Anak agar Kuat Mental/ Foto: iStock
Jakarta - Memiliki anak-anak dengan mental yang kuat tentu jadi keinginan setiap orang tua. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, pastinya ada cara tertentu dalam mendidiknya.

Menurut psikoterapis, Amy Morin, LCSW, mengajari anak-anak untuk membangun mental kuat dapat membuat mereka tangguh. Itu juga kunci untuk membantu mereka mencapai potensi terbesar mereka dalam kehidupan.


Namun sayangnya, banyak orang tua yang terjebak dalam masalah sehari-hari, seperti pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor, yang membuat mereka lupa untuk melihat bagaimana pengasuhan sebenarnya.


"Akibatnya, banyak anak tidak mengembangkan kekuatan mental yang mereka butuhkan untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab," kata Morin, dilansir Psychology Today.

Morin menambahkan, anak-anak perlu tahu bahwa mereka dapat memiliki perilaku bertentangan dengan perasaan mereka. Nah, salah satu cara mendidik anak agar memiliki mental yang kuat adalah dengan menjadi teladan untuknya.

"Jadilah teladan yang baik dan tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda kadang-kadang memiliki perilaku bertentangan dengan perasaan Anda," jelas Morin.

Bunda, berikut ini beberapa cara untuk mendidik anak agar memiliki mental kuat dan jadi anak pemberani, dilansir Very Well Family.

1. Ajarkan keterampilan khusus

Disiplin adalah tentang mengajarkan anak-anak untuk melakukan hal yang lebih baik untuk waktu selanjutnya, bukan membuat mereka menderita karena kesalahan mereka. Gunakan konsekuensi yang mengajarkan keterampilan khusus, seperti keterampilan pemecahan masalah, kontrol impuls, dan disiplin diri. Keterampilan ini akan membantu anak belajar berperilaku secara produktif, bahkan ketika ia dihadapkan dengan godaan, keadaan sulit, dan kemunduran.

2. Biarkan anak membuat kesalahan

Ajari anak bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar, sehingga ia tidak merasa malu saat berbuat salah. Biarkan konsekuensi alami dirasakan anak ketika itu masih aman untuk mereka tangani, dan bicarakan bagaimana cara mencegah agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi di lain waktu.

3. Ajari anak realistis

6 Cara Mendidik Anak agar Kuat Mental6 Cara Mendidik Anak agar Kuat Mental/ Foto: iStock


Sulit bagi anak-anak untuk merasa kuat secara mental ketika mereka membombardir diri mereka sendiri dengan kekecewaan, atau ketika mereka memprediksi hal buruk yang akan terjadi pada dirinya. Ajari anak untuk membingkai ulang pikiran negatif, sehingga dia dapat berpikir lebih realistis.

4. Dorong anak menghadapi ketakutan

Jika anak menghindari sesuatu yang menakutkan, ia tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan diri yang ia butuhkan untuk menangani perasaan tidak nyaman. Apakah anak takut kegelapan, atau ia takut bertemu orang baru, bantu anak menghadapi ketakutannya selangkah demi selangkah. Beri dia semangat, pujilah usahanya, dan beri penghargaan karena berani, dan dia akan belajar bahwa dia adalah anak yang cakap, yang bisa melangkah keluar dari zona nyaman.

5. Biarkan anak merasa tidak nyaman

Meskipun tergoda untuk membantu anak kapan pun dia berjuang, menyelamatkannya dari kesusahan malah membuatnya jadi tidak berdaya. Biarkan anak merasakan kehilangan ataupun bosan. Minta ia bertanggung jawab atas segala tindakannya, bahkan ketika dia tidak mau. Dengan dukungan dan bimbingan, perjuangan dapat membantu anak membangun kekuatan mental.

6. Bangun karakter

Anak-anak membutuhkan petunjuk moral yang kuat untuk membantu mereka membuat keputusan yang sehat. Sejak dini, tanamkan nilai-nilai baik pada anak. Serta ciptakan peluang untuk pelajaran kehidupan yang bisa memperkuat nilai-nilai tersebut secara teratur. Misalnya, tekankan pentingnya kejujuran dan kasih sayang.

Anak-anak yang memahami nilai-nilai baik pada diri mereka, lebih cenderung membuat pilihan yang sehat. Bahkan ketika orang lain mungkin tidak setuju dengan tindakan mereka.


Simak juga cerita drama ASI Eriska Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi