sign up SIGN UP search

parenting

30 Huruf Hijaiyah Beserta Tanda Bacanya untuk Dikenalkan ke Anak

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Nov 2021 18:35 WIB
Muslim family worship during ramadhan Ilustrasi Mengenalkan 30 Huruf Hijaiyah Beserta Tanda Bacanya ke Anak/ Foto: Getty Images/ibnjaafar
Jakarta -

Bunda mau mulai mengajari anak membaca Al-Qur'an? Jangan lupa pelajaran dasarnya, yaitu mengenalkan 30 huruf hijaiyah beserta tanda bacanya.

Dalam buku Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an: Memaksimalkan Pendidikan Islam karya Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dan Zulkipli Nasution, MA, dijelaskan bahwa huruf hijaiyah berasal dari Bahasa Arab. Kata 'huruf' berasal dari Bahasa Arab 'harf' atau 'hurf'. Sedangkan kata 'hijaiyah' berasal dari kata kerja 'hajja', yang artinya mengaja, menghitung huruf, atau membaca huruf demi huruf.

"Huruf hijaiyah dimulai dari 'Alif' dan berakhir pada huruf 'Ya'," demikian kata tim penulis.


Mengajarkan anak jumlah hiruf hijaiyah bisa dimulai dengan membaca Iqro. Ada enam jilid buku Iqro sesuai tingkat kesulitannya.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Pengenalan huruf hijaiyah pertama anak dapat dimulai secara bertahap dari Iqro 1 dengan membaca buku Iqro: Cara Cepat Membaca Al-Qur'an karya As'ad Humam dan Team Tadarus AMM. Di buku ini, anak bisa belajar satu per satu huruf hijaiyah berserta tanda bacanya.

Selain Iqro, Bunda juga bisa mengenalkan huruf hijaiyah dari Juz Amma. Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP 'Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd., mengenalkan anak huruf hijaiyah di Juz Amma tidak perlu sampai memberikan konsep.

"Untuk Juz Amma atau membaca hijaiyah itu memang karakternya berbeda. Kalau membaca Latin mengenalkan konsep, kalau huruf hijaiyah beda, tidak sampai mengenalkan konsep tapi lebih ke arah drill untuk mengenal huruf," kata wanita yang akrab disapa Ustazah Ana ini kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Mengenalkan huruf hijaiyah bisa dimulai saat anak sudah bisa menangkap makna huruf dan kata. Biasanya di usia 4 sampai 5 tahun, anak sudah mulai bisa memahami sebuah konsep bacaan.

Namun, tak ada salahnya kita mulai mengenalkan anak huruf hijaiyah ini sejak dini ya. Paling tidak, kita sudah mulali membentuk kebiasan positif dalam dirinya.

"Mungkin usia 4 sampai 5 tahun anak sudah mau. Tapi, prinsipnya tidak dipaksa atau anak harus dalam kondisi senang. Kalau sudah bisa, baru kita ajari huruf hijaiyah," ujar Ustazah Ana.

Nah, untuk membaca huruf hijaiyah, Bunda juga perlu mengenalkan harakat huruf hijaiyah. Harakat secara bahasa dapat diartikan sebagai gerakan. Namun, bila disematkan dalam huruf hijaiyah, harakat memiliki peran sebagai tanda baca bagi huruf-huruf hijaiyah (al dhabt).

Ada enam harakat atau tanda baca huruf hijaiyah yang bisa dikenalkan ke Si Kecil. Keenamnya adalah harakat fathah, harakat kasrah, harakat dhammah, harakat tanwin, harakat sukun, dan harakat syiddah. Lalu apa saja huruf hijaitah beserta tanda baca atau harakat ini ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga cara membuat anak mau mengenal huruf hijaiyah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!