sign up SIGN UP search


parenting

7 Manfaat Memperkenalkan Alat Musik Tradisional pada Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 04 Jan 2022 15:26 WIB
Saung Angklung Udjo terancam tutup akibat terkena dampak pandemi COVID-19. Padahal Saung Udjo telah melestarikan kesenian angklung sejak 1966. caption
Jakarta -

Belajar memainkan alat musik tradisional dengan Si Kecil sama saja dengan memperkenalkan budaya Indonesia lho, Bun. Selain itu, musik menjadi salah satu cara untuk relaksasi.

Kegunaan lain dengan memperkenalkan alat musik tradisional juga dapat membantu mempertajam memori Si Kecil. Dia juga akan jadi lebih merespon dan gembira ketika ada nada yang melantun. Jika dijabarkan lebih jauh, ada tujuh manfaat alat musik tradisional untuk anak.

Manfaat Memperkenalkan Alat Musik Tradisional

1. Membantu anak disiplin

Belajar memainkan alat musik bukan hal yang mudah karena membutuhkan kesabaran dan disiplin. Maka, tanpa sadar inilah yang akhirnya dapat membentuk pribadi Si Kecil untuk disiplin dan sabar.


Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingFoto: HaiBunda/Mia

2. Mempertajam memori

Dengan belajar alat musik membantu anak mempertajam kemampuan dalam mengingat. Hal ini membuat otak anak akan terlatih dengan baik.

3. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri seorang anak menjadi hal yang penting karena bagian dari pembentukan karakter anak. Dengan mengenalkan alat musik tradisional kepada anak bisa menjadi bantuan yang efektif.

4. Mengembangkan keterampilan sosial

Dengan memperkenalkan alat musik sama seperti Bunda membangun kepercayaan diri anak. Ini adalah modal utama Si Kecil bisa mengembangkan kemampuan atau keterampilan sosial anak.

5. Mengembangkan kreativitas anak

Dengan belajarĀ alat musik anak bisa mengembangkan kreativitas tanpa batas. Si Kecil dapat mengekspresikan perasaan mereka dengan mudah melalui alat musik dan lagu.

6. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Level komunikasi setiap orang berbeda-beda, Bun. Dengan pengenalan alat musik tradisional akan membuat Si Kecil belajar mengenai level komunikasi dengan cara yang tidak biasa yaitu ekspresi dengan alat musik dan lagu.

7. Meningkatkan kepekaan akan suara

Bunyi-bunyian alat musik tradisional umumnya terbilang nyaring, tapi sangat teratur. Ini membuat Si Kecil jadi lebih peka mengenai tinggi rendah sebuah nada suara yang menjadi skill berguna untuk di masa depannya.

Berbagai Alat Musik Tradisional

Perkenalan dengan alat musik tradisional kepada anak menjadi solusi untuk Bunda membantunya berkembang dengan baik dan memiliki karakter yang disiplin. Adapun beberapa jenis alat musik tradisional yang mudah dijumpai antara lain:

  1. Serunai
  2. Tifa
  3. Gamelan
  4. Gambus
  5. Angklung
  6. Kolintang
  7. Talempong
  8. Rebab
  9. Sasando

Dari berbagai manfaat dan beberapa alat musik tradisional yang disebutkan di atas, Bunda dapat memperkenalkannya sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Usahakan juga pembelajarannya dilakukan dengan menyenangkan ya, Bun agar Si Kecil tidak merasa bosan.

Itulah sedikit informasi mengenai alat musik tradisional yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang Si Kecil. Dengan mempelajarinya dapat membentuk karakter anak yang lebih baik. Selain itu juga, membantu memperkenalkan budaya Indonesia sejak dini. (PK)


Simak juga video berikut mengenai barang-barang Si Kecil yang ternyata bisa dijual lagi.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!