sign up SIGN UP search


parenting

3 Kisah Nabi Sulaiman yang Keteladanannya Bisa Jadi Panutan Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 20:58 WIB
al quran Ilustrasi kisah Nabi Sulaiman AS/Foto: Getty Images/iStockphoto/LV4260
Jakarta -

Kisah para nabi memang selalu menarik ya Bunda. Ada begitu banyak keteladanan yang bisa dipetik dari setiap kisahnya. Jadi tidak mengherankan kalau kisah para nabi ini sangat cocok diceritakan kembali untuk memberikan pelajaran hidup terutama bagi anak-anak.

Tidak hanya itu, membacakan berbagai kisah nabi kepada anak-anak juga sangat membantu tumbuh kembangnya, terutama dalam hal berbahasa dan berpikir kreatif. Salah satu kisah yang bisa Bunda ceritakan adalah kisah Nabi Sulaiman AS.

Nabi Sulaiman terkenal sebagai pemimpin cerdas, adil dan, bijaksana. Bahkan sifat-sifat mulianya sudah terlihat sedari kecil. Nabi Sulaiman AS adalah anak dari Nabi Daud AS yang diutus oleh Allah SWT untuk memimpin kerajaan Bani Israil saat itu. Nabi Daud AS juga diketahui sebagai satu dari empat raja besar dunia, yang mana pernah menguasai separuh bumi.


Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

Nama Nabi Sulaiman AS disebutkan sebanyak 24 kali dalam Al-Quran. Dari kisah-kisah yang tertulis dalam Al-Quran tersebut terdapat karunia besar yang diberikan oleh Allah SWT, di antaranya adalah:

  1. Nabi Sulaiman AS. memiliki kemampuan mengerti bahasa binatang
  2. Seorang nabi yang memiliki kekayaan begitu banyak diantara manusia
  3. Pasukan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman AS, termasuk yang terkuat di dalam sejarah peradaban manusia, pasukan tersebut terdiri dari manusia dan para jin.
  4. Nabi Sulaiman AS. mampu mengendarai angin

Keteladanan Nabi Sulaiman AS

Selain karunia besar yang telah Allah SWT berikan, Beliau juga memiliki keteladanan sifat dan perilaku yang terpuji sehingga patut dicontoh tidak hanya oleh anak-anak tetapi juga oleh orang dewasa. Beberapa keteladanan yang dimiliki Nabi Sulaiman AS antara lain:

1. Pemimpin yang adil dan bijaksana

Nabi Sulaiman AS. memang seorang raja yang keagungan dan namanya dikenal di penjuru dunia. Maka itu tidak heran Beliau menjadi seorang raja yang melegenda.

Keagungan ini berakar dari kepandaian Beliau dalam memimpin kerajaannya. Ia juga sangat terkenal dengan keadilan serta kebijaksanaan dalam menyelesaikan suatu perkara. Berkat kemampuannya ini, Beliau mampu mengatur pasukannya yang sangat besar dan kuat yang terdiri dari manusia, jin, dan hewan.

2. Selalu malu kepada Allah SWT

Meskipun memiliki kekuasaan yang begitu besar, hal ini tidak membuat Nabi Sulaiman AS menjadi orang yang sombong. Beliau tetap rendah hati terhadap makhluk Allah SWT lainnya. Beliau bahkan tetap merasa malu kepada Allah SWT karena sudah diberikan begitu melimpahnya karunia, rezeki, dan nikmat. Ia merasa malu ini karena menganggap dirinya masih belum cukup beribadah kepada Allah SWT.

3. Rendah hati

Selain itu, Nabi Sulaiman AS. juga sangat senang melakukan dialog dengan rakyat-rakyat kecil, berkomunikasi dengan mereka walaupun hanya dengan beberapa ekor semut.

Meneladani kisah Nabi Sulaiman AS memang tidak ada habisnya, Bun. Tiga keteladanan tersebut hanyalah sebagian kecil dari banyaknya keteladanan yang bisa Bunda ajarkan kepada Si Kecil dari kisah para nabi.Semoga bermanfaat ya!

Simak juga video berikut mengenai istri mendiang Syekh Ali Jaber yang mengenang suami sebagai 'Al Quran berjalan'.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!