sign up SIGN UP search


parenting

BAB Bayi Berlendir: 5 Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 19:57 WIB
Mother holding a crying baby girl Ilustrasi BAB bayi berlendir/Foto: iStock
Jakarta -

Bagi para Bunda yang baru saja memiliki bayi, umumnya akan mengalami yang namanya BAB bayi berlendir. Ini dapat terjadi karena beberapa hal, namun satu yang pasti ini akan membuat Bunda khawatir.

Perlu Bunda ketahui bahwa BAB bayi berlendir ini dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna. Selain itu BAB bayi berlendir ini sebenarnya proses normal, tapi juga bisa menjadi tanda adanya infeksi yang terjadi pada tubuh maupun adanya masalah medis tertentu. Terkadang BAB ini bisa muncul dalam jumlah yang besar atau bahkan terjadi secara berulang dalam beberapa hari.

Penyebab BAB Bayi Berlendir

Lalu apa sajakah penyebab BAB bayi berlendir? Berikut ini terdapat ulasan mengenai penyebab BAB bayi berlendir, apakah mengalami kondisi normal atau terjadi akibat infeksi maupun masalah medis tertentu?


Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

1. Tumbuh gigi

Penyebab pertama terjadinya BAB berlendir yaitu tumbuhnya gigi. Hal ini karena produksi air liur akan menjadi berlebih dan adanya rasa sakit yang membuat bayi menelan banyak air liur. Kejadian ini tentunya sangat normal bagi bayi, namun juga bisa menyebabkan iritasi pada usus yang akan meningkatkan produksi lendir di usus sehingga membuat BAB berlendir.

2. Alergi dan sensitivitas pada bahan makanan

Apabila Bunda masih menyusui maka apa yang Bunda makan bisa berpengaruh kepada BAB Si Kecil. Karena sangat memungkinkan jika Si Kecil mengalami sensitivitas bahan makanan tertentu. Sensitivitas ini dapat terjadi terhadap kedelai, zat besi, maupun bahan susu.

Alergi terhadap makanan ini juga membuat bayi mengalami peradangan yang dapat memicu terjadinya peningkatan lendir di usus. Biasanya saat bayi Bunda mengalami alergi ini juga akan diikuti gejala seperti muntah, rewel, BAB berlendir maupun adanya darah pada feses.

3. Terjadi infeksi

Hal lain yang memicu usus mengeluarkan banyak lendir yang mengakibatkan feses bayi berlendir adalah terjadinya infeksi bakteri maupun virus. Gejala lain yang ditimbulkan yaitu mengalami demam sehingga membuat Si Kecil rewel. Apabila infeksi makin parah biasanya warna feses bayi berubah warna menjadi hijau, berlendir, dan adanya darah.

Kondisi ini tentunya akan sangat berbahaya jika dibiarkan, maka Bunda harus bisa memastikan bahwa Si kecil tidak mengalami dehidrasi dan tercukupi cairannya. Jika semakin memburuk, sebaiknya bawa bayi ke dokter.

4. Aktivitas menyusui

Penyebab lainnya yaitu karena aktivitas menyusui yang berpengaruh besar kepada kotoran bayi. Seperti Bunda tahu bahwa dalam menyusui terdapat dua istilah yaitu foremilk (ASI pada awal pemberian) dan hindmilk (ASI pada akhir pemberian).

Bagian mana yang lebih banyak dikonsumsi Si Kecil dapat diketahui saat bayi Bunda BAB. Apabila Si Kecil mengonsumsi lebih banyak foremilk maka akan mengakibatkan feses tampak mengandung lendir.

5. Intususepsi

Intususepsi ini merupakan salah satu penyebab yang paling serius karena BAB bayi berlendir terjadi akibat adanya usus yang saling bergesekan. Hal inilah yang akan menyebabkan aliran darah menuju usus hilang dan terjadi penyumbatan feses. Gejala yang ditimbulkan yaitu bayi Bunda jadi mudah mengantuk, mengalami sakit perut, kelelahan bahkan muntah. (PK)

Simak juga video berikut mengenai lima obat diare alami untuk ibu menyusui.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!