sign up SIGN UP search


parenting

Hendak Mudik dengan Si Kecil? Gunakan Car Seat yuk Bun agar Anak Aman dan Selamat

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 16:20 WIB
Portrait of a mother fastening her daughter safely in a car seat caption

Jakarta - Tak terasa kita sudah berada di akhir bulan Ramadan. Bunda sekeluarga pastinya sudah menyiapkan berbagai rencana untuk merayakan Hari Lebaran nanti. 

Mengingat pemerintah telah melonggarkan aktivitas mudik pada tahun ini, pastinya ada banyak Bunda yang ingin pulang kampung setelah beberapa tahun terakhir ini terpaksa tak mudik karena pandemi COVID-19.

Bila Bunda berencana mudik dengan kendaraan pribadi dan membawa anak-anak, sebaiknya prioritaskan Si Kecil menggunakan car seat ya Bunda.


Berkaca pada kejadian yang menimpa Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah di Tol Nganjuk, ketika kecelakaan terjadi, sang putra Gala Sky Andriansyah tidak ditempatkan di car seat dan malah dipangku oleh baby sitter. Tak pelak, guncangan besar dari kecelakaan turut membuat tubuh mungil gala ikut terpental. Beruntungnya, Gala masih selamat dengan luka di wajah dan tubuhnya.

Maka itu Bunda, untuk menghindari risiko yang lebih berbahaya, penting untuk menggunakan car seat ketika mengajak Si Kecil melakukan perjalanan menggunakan mobil.

Car seat memiliki peran yang sama dengan sabuk pengaman pada orang dewasa. Kursi khusus ini mampu melindungi bayi dari risiko terpental atau terjepit saat ada kejadian tak terduga.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Pentingnya car seat untuk anak 

Salah satu tugas yang paling utama sebagai orang tua adalah menjaga keselamatan anak-anaknya, termasuk saat sedang berkendara di mobil. Jika biasanya dalam perjalanan di mobil Bunda lebih sering menggendong atau memangku Si Kecil, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan car seat atau kursi mobil anak.

Menggunakan car seat anak selama dalam perjalanan itu penting, lho Bunda. Menggunakan car seat adalah cara terbaik untuk melindungi anak-anak saat dalam perjalanan di mobil. Bahkan, melansir dari Kids Health, kecelakaan mobil adalah salah satu penyebab utama kematian dan cedera pada anak-anak karena tidak menggunakan pengaman.

Car seatHendak Mudik dengan Si Kecil? Gunakan Car Seat yuk Bun agar Anak Aman dan Selamat/ Foto: iStock

Nah, dalam mempersiapkan perjalanan mudik tahun ini, Bunda bisa mulai memilih car seat yang cocok untuk Si Kecil. Jika masih merasa berat untuk membeli car seat, Bunda bisa kok menyewanya di toko penyewaan barang bayi. Selain lebih murah, Bunda bisa mengira-ngira jenis car seat apa yang paling cocok untuk Si Kecil sebelum membelinya.   

Namun, yang perlu Bunda ingat dalam memilih car seat, pertimbangkan model yang sesuai dengan berat badan, ukuran, dan usia anak serta perlu disesuaikan juga dengan model kendaraannya, ya Bunda.

Simak juga tips keamanan yang perlu Bunda perhatikan saat menggunakan kursi mobil, di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang cara menggunakan car seat yang benar:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS KEAMANAN MENGGUNAKAN CAR SEAT ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!