sign up SIGN UP search


parenting

Cara Beri Pengertian bila Anak Suka Jahili Adik Bayinya seperti Kiano dan Kenzo

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 09 Mar 2022 08:15 WIB
Kiano Tiger Wong caption

Jakarta - Beberapa waktu yang lalu, Paula Verhoeven, model dan istri dari Baim Wong, dibuat khawatir oleh aksi anak sulungnya, Kiano Tiger Wong, yang sempat jahil kepada adik kecilnya yang masih bayi, Kenzo Eldrago Wong.

Melalui YouTube channel-nya, yang diunggah pada 21 Februari 2022, terlihat Paula sedang mengasuh kedua anaknya yang sedang berenang di kolam kecil. Lalu, saat Kenzo sedang tenang, Kiano justru melakukan aksi jahilnya dengan menyiram wajah sang adik.

Aksi jahilnya tersebut membuat Si Kecil Kenzo menangis kencang hingga Paula khawatir dan langsung mengangkat Kenzo keluar dari kolam. “Ih Kakak jahil deh, jahil banget sih Kak Allahuakbar,” kata Paula, dikutip dari YouTube Channel Baim Paula.


Kejahilan Kiano tersebut langsung disampaikan Paula pada Baim Wong. “Adenya lagi seneng-seneng lagi berenang, tadinya udah gak mau disatuin sekolam sama kakaknya nangi-nangis, terus adenya lagi diem-diem menikmati tiba-tiba kakaknya ngapain?” kata Paula.

“Di siram,” kata Kiano.

Sebagai orang tua, Baim akhirnya memberikan nasehat kepada Kiano agar tidak mengulangi perbuatannya tersebut.

Mengapa balita jahil kepada adik bayinya?

Balita Bunda senang menggoda adik kecilnya yang baru lahir? Hal ini mungkin saja dilakukan Si Kakak karena beberapa alasan, lho Bunda.

Sering menggoda adik bayinya, mungkin sebagai salah satu cara untuk menguji kebutuhan mereka yang semakin besar akan kemandirian dan mengendalikan diri, serta sebagai respons terhadap situasi dan orang baru.

Menjelang kelahiran Si Kecil, Si Sulung akan sangat senang memiliki saudara baru, tetapi dia akan berubah pikiran begitu bayinya pulang ke rumah.

“Banyak balita yang merasakan kegembiraan memikirkan memiliki saudara baru sampai saudara itu datang dan mengambil fokus dan waktu dari mereka. Sering kali sikap dapat berubah menjadi, 'Aku kan enggak meminta bayi baru ini,'" kata Dr Sanam Hafeez, Neuropsikolog, dikutip dari Romper.

Banner Kebiasaan di EropaBanner Kebiasaan di Eropa/ Foto: Annisa Shofia

Bagaimana Si Sulung berperilaku, sebagian akan bergantung pada temperamennya. Anak-anak yang lebih fleksibel dan mandiri mungkin lebih mudah menyesuaikan diri. Mereka yang sangat sensitif, mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dengan transisi untuk menyesuaikan diri.

“Temperamen anak-anak banyak berkaitan dengan seberapa baik, atau tidak, mereka menyesuaikan diri untuk memiliki saudara baru,” kata Dr. Dan Peters, Psikolog.

Anak sulung Bunda mungkin akan beraksi terhadap kehadiran adik bayinya itu dengan selalu mencari perhatian saat Bunda mengasuh Si Kecil, misalnya saat Bunda sedang menyusui atau menggantikan popok, mungkin Si Sulung akan mencari perhatian Bunda.

Si Sulung mungkin mencoba untuk mengungkapkan perasaannya dengan menarik lengan bayi atau merebut mainannya. Bunda, sangat penting untuk berempati dengan apa yang mungkin dirasakan anak sulung Bunda dan membantunya mengungkapkan apa yang dia rasakan itu dengan kata-kata.

Oleh karena itu, Bunda perlu membantu Si Sulung untuk menyesuaikan dirinya dengan Si Kecil. Lalu, bagaimana cara memberikan pengertian kepada balita agar dapat bersikap lembut dan menerima adiknya? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang tips redakan rasa cemburu anak sulung pada adik bayi ala Whulandary di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBANTU BALITA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN ADIK BARUNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!