sign up SIGN UP search


parenting

Tahapan Perawatan Ortodonti Anak dengan Bibir Sumbing

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 24 Mar 2022 11:03 WIB
bibir sumbing caption
Jakarta -

Bunda, pasti sudah enggak asing dengan istilah bibir sumbing. Kondisi ini termasuk sebagai cacat bawaan lahir yang bisa diatasi dengan operasi dan perawatan lanjutan pasca operasi.

Cleft lip palate atau bibir sumbing dan lelangit merupakan kelainan bawaan yang ditandai adanya celah pada bibir dan lelangit rongga mulut. Kondisi ini terjadi karena penyatuan jaringan di bibir atau di lelangit mulut janin saat di dalam kandungan tidak sempurna, sehingga menyebabkan adanya celah.

Pada beberapa kasus bila dibiarkan, maka kondisi ini akan mengganggu tumbuh kembang Si Kecil. Selain kesulitan bicara, anak juga sulit untuk mengunyah dan menelan makanan, hingga dapat menyebabkan masalah gizi dan kekurangan berat badan.


"Kelainan cleft secara awam dikenal dengan nama sumbing bibir dan lelangit. Kelainan ini variasinya cukup banyak, yang paling ringan di daerah bibir, satu sisi atau dua sisi. Sementara kelainan yang lebih berat adalah sumbing mengenai bibir dan lelangit," kata Dokter Spesialis Ortodonti RSCM, drg. Julietta Pancawati, SpORT, kepada HaiBunda belum lama ini.

"Beberapa jenis sumbing lain yang lebih parah dan kadang dibarengi dengan kelainan sindromik lain, misalnya sumbing mengenai bagian tengah atau median cleft, dan mengenai wajah atau facial cleft," sambungnya. Oleh karena itu, setiap kasus sumbing pasti akan ditangani oleh dokter-dokter dari berbagai spesialisasi,

Perawatan ortodonti anak dengan bibir sumbing

Perawatan ortodonti pada anak dengan bibir sumbing bukan semata untuk kebutuhan estetika ya, Bunda. Perawatan ini juga dilakukan untuk mempersiapkan anak sebelum operasi dengan dokter bedah untuk mencapai hasil yang maksimal secara fungsional.

Misalnya, sebelum bedah penutupan bibir atau labioplasty, dokter ortodonti berperan untuk memulai perawatan sejak lahir dengan alat orthodonti yang bernama Naso-Alveolar Molding (NAM). Sepanjang perjalanan perawatan sumbing, banyak alat orthodonti yang dapat digunakan sesuai indikasi kasus sumbing Si Kecil dan juga atas saran dokter ya tentunya Bunda.

Nah, tujuan perawatan ortodonti NAM sebelum labioplasty adalah untuk mendekatkan celah bibir dan lelangit, serta memperbaiki bentuk hidung. Pada anak sumbing, bentuk hidung biasanya juga tidak simetris, Bunda.

bibir sumbingIlustrasi bibir sumbing/ Foto: iStockphoto

"Pemakaian NAM ini juga dibarengi dengan lip taping supaya penutupan bibir saat operasi tidak tegang dan hasilnya baik secara estetik." ujar dokter gigi Julieta.

"Pada celah bibir bisa dilakukan plaster atau lip tapping agar lebih kecil dan ada bagian yang masuk ke hidung untuk menegakkan columela dan nostril menjadi simetris sebelum tindakan operasi."

Setelah operasi labioplasty selesai, tahapan selanjutnya adalah tindakan penutupan lelangit atau palatoplasty. Sebelum tindakan, dokter ortodonti bisa kembali melakukan perawatan untuk mendekatkan celah lelangit yang masih besar pada beberapa kasus.

Ingat ya Bunda, penanganan sumbing bibir lelangit ini bukanlah perawatan instan, tapi memerlukan proses perjalanan yang bertahun tahun untuk mencapai hasil maksimal yang mendekati anak normal pada umumnya. Untuk Bunda yang sedang berjuang di luar sana, semangat terus ya Bunda, cari informasi dari sumber yang tepat sebanyak banyaknya, dan cari dukungan dari keluarga dan kelompok orang tua lainnya.

Bunda juga dapat follow akun Instagram @cccrscmfkui untuk dapat informasi ter-update seputar sumbing.

(rap/rap)
fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!