parenting

Cara Mencegah Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Yuni Ayu Amida Rabu, 15 May 2019 12:00 WIB
Cara Mencegah Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing
Jakarta - Bibir sumbing merupakan salah satu cacat lahir. Bagaimana ya cara pencegahannya? Simak paparan ahli ini ya, Bunda.

Dijelaskan dokter spesialis bedah plastik dan rekonstruksi Letkol. Ckm. dr.Denny Irwansyah, SpBP-RE, penyebab bayi terlahir dengan bibir sumbing itu banyak faktor. Menurutnya, bukan hanya karena faktor genetika, tidak pula karena nutrisi saja, tapi bisa juga karena suatu yang kompleks.




Namun, secara statistik, kalau orang tua dua-duanya memiliki genetik bibir sumbing, maka anak berisiko terdampak dengan persentase hingga 60 persen.

"Jadi jangan sampai nih, misal saya nikah terus anak sumbing, terus saya bilang ini gara-gara istri nih, keturunan, belum tentu juga karena itu. Tapi, secara statistik, kalau orang tua dua-duanya ada turunan sumbing, anak juga bisa kena 60 persen," tutur Denny, usai mengisi acara di Jakarta, baru-baru ini.

Tentang cara mencegahnya, diungkapkan Denny, jika itu faktor genetika atau keturunan maka sulit dicegah. Namun, faktor lain seperti kekurangan nutrisi, vitamin, asam folat, zinc, bisa dicegah, tentunya dengan makan yang cukup.

"Terus hindari obat-obatan, di trimester awal kehamilan, tiga bulan atau empat bulan awal misal sakit, jangan asal minum obat, tentunya konsultasikan ke dokter yang sudah pengalaman," papar Denny.

[Gambas:Instagram]



Selain itu, Denny menambahkan, pemakaian kontrasepsi yang sudah expired, tidak tepat, atau tidak dikonsultasikan dengan dokter sebelumnya juga berpengaruh. Namun, jika sudah dikonsultasikan dengan dokter atau bidan yang pengalaman, menurut Denny tidak masalah.

Kosmetik yang mengandung air raksa atau HG juga bisa jadi pemicu. Bahkan enggak cuma bibir sumbing, bisa kena kelainan kongenital lain sampai jantung. Ibu hamil gemar merokok juga bisa jadi pencetus lho.

"Kita tahu, rokok salah satu bentuk polutan yang menyebabkan terjadinya inflamasi kronis. Inflamasi kronis itu bisa jadi pencetus terjadinya kelainan kongenital atau kelainan bawaan," papar Denny.


Itu sebabnya, Denny menyarankan agar Bunda menjaga kehamilan sejak dini. Ia pun menegaskan, bibir sumbing bukan kelainan yang harus ditakuti, tapi harus dihadapi, dan bukan tanpa solusi.

"Salah satunya ya operasi. Bukan malah ditakuti, tapi harus dihadapi. Jadi jangan khawatir," tegasnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi