sign up SIGN UP search


parenting

Bibir Sumbing pada Bayi: Penyebab, Deteksi Dini & Harga Operasi Perbaikan

Zika Zakiya Rabu, 08 Sep 2021 13:30 WIB
RS Hermina Galaxy dan Halodoc menggelar operasi bibir sumbing gratis. Kegiatan bakti sosial ini untuk membantu mengembalikan senyuman anak-anak penderita bibir sumbing. caption
Jakarta -

Bibir sumbing ternyata bukan hal sepele, Bun. Karena diketahui sumbing merupakan kelainan kongenital terbanyak di dunia. Kelainan sumbing bisa merupakan bagian dari suatu kumpulan kelainan sindromik ataupun non-sindromik.

Insidensi kelainan sumbing ditemukan pada satu dari 1.000 kelahiran hidup di Indonesia dan 2,2 dari 1.000 kelahiran hidup di dunia. Dan, tahukah Bunda bahwa kelainan ini ditemukan paling banyak pada ras Asia dan pada bayi berjenis kelamin laki-laki?

Demikian disampaikan oleh Dr. dr. Kristaninta Bangun, SpBP-RE (KKF), Kepala Unit Pelayanan Khusus (UPK) RSCM Kinanti. "Kelainan bibir sumbing dapat ditemukan saat bayi lahir oleh dokter ataupun tenaga kesehatan lainnya. Kelainan lain seperti sumbing lelangit juga perlu diperiksa saat bayi lahir, karena sering terjadi berbarengan," demikian ujar dr.Kristaninta dalam korespondensinya dengan HaiBunda.


Banner Putri Ahok dan PuputFoto: Mia Kurnia Sari

Penyebab bibir sumbing

Faktor risiko dari kelainan sumbing multifaktorial, yang merupakan interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan. Paparan terhadap asap rokok, alkohol, stres, diabetes, obesitas, defisiensi vitamin dan mineral seperti asam folat dan zinc saat kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan sumbing.

Riwayat keluarga dengan kelainan sumbing sebelumnya juga meningkatkan risiko kelainan sumbing pada keturunan berikutnya. Bayi dengan bibir sumbing sebaiknya dirujuk ke fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan operasi sumbing atau ke spesialis bedah plastik terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Cara mencegah bibir sumbing

Risiko terjadinya kelainan sumbing dapat diminimalkan dengan menjaga kehamilan yang sehat seperti menghindari asap rokok, alkohol, penggunaan kortikosteroid, menghindari stress berlebih, menjaga kenaikan berat badan, mengontrol penyakit komorbid, dan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral seperti asam folat dan zink. Skrining pranikah juga dapat membantu menelusuri adanya riwayat keluarga dengan sumbing untuk mempersiapkan kehamilan.

Deteksi bibir sumbing sejak dari kandungan

Kelainan sumbing terjadi akibat adanya gangguan pada perkembangan janin pada usia kehamilan 4 - 12 minggu. Sumbing bibir dapat dideteksi mulai trimester kedua kehamilan melalui pemeriksaan USG dengan tingkat sensitivitas sebesar 88 persen.

Walaupun begitu, tidak semua kelainan sumbing dapat dideteksi oleh USG, seperti sumbing lelangit yang memiliki tingkat deteksi rendah menggunakan modalitas ini. Sumbing bibir inkomplit atau jenis mikroform pun sering sulit terdeteksi pada saat skrining dengan USG.

Bunda hamil dapat menggunakan modalitas Transabdominal Ultrasound (USG) untuk mendeteksi adanya kelainan anatomi pada janin pada usia kehamilan trimester kedua. Namun, perlu diingat ya, Bun bahwa pemeriksaan USG ini sangat bergantung pada keahlian dokter yang melakukan pemeriksaan (operator-dependent).

Jika di dalam kandungan sudah terdeteksi bahwa janin mengalami bibir sumbing maka tatalaksana bibir sumbing definitif adalah penanganan bedah atau tatalaksana dengan operasi. Bila kelainan sumbing sudah terdeteksi melalui USG pada masa kehamilan, orang tua dapat mempersiapkan sejak dini untuk mencari informasi mengenai kelainan bibir sumbing, tatalaksananya, cara merawat bayi dengan kelainan tersebut.

Selain itu bayi yang didiagnosis dengan kelainan sumbing disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik sedini mungkin. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan untuk menentukan apakah kelainan bersifat tunggal atau disertai dengan kelainan lain yang bersifat sindromik seperti kelainan kromosom.

Pasien akan dipersiapkan untuk operasi pada waktu yang telah ditentukan, seperti mempersiapkan berat badan cukup dan status gizi yang baik. Untuk perbaikan, bisa kok dilakukan, Bun. Simak lokasi dan biaya yang harus disiapkan di HALAMAN SELANJUTNYA.

Simak juga video berikut mengenai PCOS saat hamil ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



Harga Perbaikan Bibir Sumbing dengan BPJS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!