sign up SIGN UP search


parenting

Ingin Tahu Bunda Termasuk Tipe Orang Tua seperti Apa? Ikut Kuis Ini Yuk

Pritadanes   |   Haibunda Jumat, 25 Mar 2022 15:35 WIB
Educational pastime develop creativity skill in kid concept. Asian mother her small daughter lying on warm wooden floor in sunny cozy living room, mom teach girl paint use album and colourful pencils caption
Jakarta -

Setiap orang tua tentu memiliki gaya atau aturan masing-masing dalam mengasuh anak-anaknya. Tidak ada yang salah karena tergantung pada kepribadian Bunda dan Ayah.

Namun, apakah Bunda sudah mengetahui karakteristik gaya pengasuhan Bunda untuk Si Kecil? Bila belum, Bunda bisa mencoba ikutĀ kuis di bawah ini untuk memahami seperti apakah sebenarnya gaya parenting yang dimiliki.

Bila sudah tahu, Bunda akan lebih bisa memahami dan meningkatkan kualitas pola asuh sehingga tumbuh kembang Si Kecil pun akan lebih optimal. Yuk, ikuti kuis dengan menjawab beberapa gaya parenting Bunda di bawah ini:


1. Menurut Bunda apakah anak harus disiplin?

A. Tentu, disiplin adalah salah satu kunci kesuksesan parenting. Dengan disiplin, anak terhindar dari rasa malas dan suka bekerja keras mencapai sesuatu.

C. Penting, namun dapat diberikan dengan cara yang lembut. Mengenalkan disiplin tetap dengan kasih sayang.

B. Tak terlalu penting. Disiplin justru membatasi emosi dan kebebasan anak berekspresi.

D. Tak penting. Terkadang ada aturan yang harus dipenuhi dan ada yang tidak. Parenting adalah sesuatu yang kerja sama dengan anak, bukan memberi aturan padanya.

2. Bagaimana konsep menghormati dan kekuasaan orang tua terhadap menurut Bunda?

B. Saya tak butuh rasa hormat dari anak. Saya ingin mereka hidup bahagia dan bisa mengembangkan diri mereka tanpa batas.

A. Menghormati adalah hal yang sangat penting dalam pola asuh. Untuk mendapatkannya, sesekali memang harus marah supaya mereka sadar telah salah.

C. Otoritas memang diperlukan tak hanya supaya anak-anak merasa anak tapi juga untuk kekompakan sebagai keluarga. Dengan begitu, anak-anak akan tahu bahwa Bunda dan Ayahnya akan selalu ada untuk mereka.

D. Ketimbang rasa hormat, lebih baik saya menjadi panutan untuk anak-anak saya.

3. Bagaimana cara Bunda menangani konflik pada anak?

A. Saya tidak terima jika ada perilaku yang salah dari anak. Saya memilih menggunakan aturan yang harus dipatuhi anak-anak. Dan, hukuman jika mereka melanggarnya.

B. Saya tak percaya hukuman bisa membuat anak menjadi lebih baik. Jika terjadi konflik, saya lebih memilih menenangkan situasi dan mengalihkan mereka ke sesuatu yang menyenangkan.

D. Saat anak marah atau tantrum, saya biasanya akan berusaha tenang dan mencari tahu penyebab dan mencari solusinya saja. Saya membalasnya dengan kasih sayang supaya mereka merasa lebih tenang.

C. Saat anak marah atau ngambek, saya akan mendengarkan semua yang mereka ingin katakan lalu saya akan membuat keputusan dan itu final. Mereka pun harus melaksanakannya.

4. Bagaimana cara Bunda mengontrol anak?

D. Saya tidak pernah berusaha mengontrol anak karena justru dengan ituĀ anak bisa terpicu menjadi manipulatif. Lebih baik bersikap terbuka pada anak.

B. Saya tak ingin anak merasa sedih. Jadi, saya lebih baik membebaskan apa kemauan anak sehingga mereka tumbuh bahagia.

C. Seperti halnya disiplin, anak juga perlu dikontrol, setidaknya ada batas tertentu. Dengan begitu, mereka juga akan belajar menghargai orang lain.

A. Jika anak tahu mereka punya 'atasan' yakni orang tuanya, anak akan belajar menghormati orang lain.

5. Apa arti peraturan bagi Bunda?

B. Peraturan adalah hal yang tak penting dan membuat anak menyembunyikan emosi mereka. Peraturan juga akan membatasi kebebasan anak.

D. Peraturan terkadang memang diperlukan, supaya anak mampu mematuhi segala peraturan yang ada di luar rumah, misalnya untuk mematuhi aturan lalu lintas.

C. Peraturan harus ada! anak harus belajar bahwa kebenaran itu ada batasnya dan mereka juga harus menyadari memiliki tanggung jawab atas setiap sesuatu.

A. Peraturan adalah hal yang penting. Tanpa ada aturan, semisal di rumah pun, segala sesuatunya pasti kacau. Anak-anak akan bertindak semaunya dan tak bisa dikontrol.

Pertanyaan selanjutnya klik baca di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video kata-kata ajaib yang diajarkan Si Kecil:

[Gambas:Video Haibunda]



PERTANYAAN SELANJUTNYA UNTUK BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!