sign up SIGN UP search


parenting

5 Makanan Ini Disebut Bisa Bantu Si Kecil Tumbuh Tinggi Loh Bun

Jihaan Khoirunnissa   |   Haibunda Jumat, 01 Apr 2022 13:04 WIB
Little 5 years old girl measure a height of boy by scale on the wall caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, tentu Bunda ingin anaknya dapat tumbuh tinggi secara optimal. Memang faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah susunan genetiknya ya. Namun, bukan berarti tidak bisa diupayakan dengan cara lain nih.

Pada umumnya, anak yang terlahir dari orang tua bertubuh tinggi, berpotensi lebih besar untuk mendapatkan postur serupa. Namun, bukan berarti genetik menjadi satu-satunya penentu anak bisa tumbuh tinggi atau tidak. Masih ada faktor eksternal yang dapat membantu memaksimalkan tinggi badan Si Kecil, Bunda.

Para ahli meyakini, makanan bergizi bisa dapat mendorong pertumbuhan anak-anak. Oleh karena itu, pastikan Si Kecil mengonsumsi makanan yang sehat sejak dini. Utamanya makanan yang tinggi akan kandungan zat kalsium.


Selain itu, makanan sumber protein juga baik sangat dianjurkan karena dapat mempercepat pertumbuhan tinggi anak. Selain itu, bisa juga memperbaiki jaringan dan mengembangkan otot tanpa lemak. Berikut 5 makanan yang dapat membantu Si Kecil tumbuh tinggi, Bunda. Apa saja ya?

1. Ayam

Bunda, seperti diketahui ayam merupakan salah satu makanan sumber protein. Bahkan, kandungan protein pada ayam menjadi salah satu yang tertinggi di antara makanan hewani lain, lho. Manfaatnya, ayam dapat membuat anak tumbuh tumbuh lebih tinggi.

Apalagi di dalam ayam juga terkandung taurin, yakni asam amino yang membantu mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang, Bunda. Di samping itu, ada pula kandungan vitamin B12 yang penting bagi Si Kecil agar dapat tumbuh lebih tinggi dan menjaga tinggi badan.

2. Kacang-kacangan

Protein tidak hanya bersumber dari makanan hewani saja, Bunda, melainkan bisa juga dari makanan nabati. Misalnya saja kacang-kacangan. Kacang, seperti kedelai sangat bergizi karena kaya akan protein yang baik bagi tumbuh kembang anak.

Tidak hanya itu, kedelai juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh, seperti folat, vitamin, karbohidrat dan serat. Selain kedelai, Bunda juga bisa memberikan Si Kecil kacang almond, karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan, sekaligus menjaga kesehatan tulang.

Infografis Cara Menambah Tinggi Badan AnakInfografis Cara Menambah Tinggi Badan Anak/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

3. Aneka sayuran hijau

Sebagian anak mungkin menolak untuk makan sayur. Tapi, Ayah dan Bunda jangan mau mengalah. Sebab sayur-sayuran memiliki segudang manfaat, terutama untuk menambah tinggi anak.

Selain itu, sayuran hijau juga membuat ketahanan tubuh menjadi lebih kuat, Bunda. Maka dari itu, penting memberikan sayuran hijau yang beragam dalam menu harian Si Kecil, seperti sawi hijau, brokoli, bayam, dan kacang polong yang kaya akan mineral penting, vitamin, dan serat.

4. Yogurt

Sama seperti susu, yogurt juga kaya akan kalsium yang penting untuk mendukung pertumbuhan tulang anak. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber protein.

Diketahui dalam 200 gram greek yogurt terdapat hampir 20 gram protein. Maka tak heran jika yogurt termasuk dalam makanan peninggi badan yang bisa dikonsumsi oleh anak, Bunda.

5. Telur

Tahukah Bunda, mengonsumsi satu telur dalam sehari dapat membantu anak untuk meningkatkan tinggi badannya. Sebab telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Setidaknya terdapat 6 gram protein dalam sebutir telur.

Selain protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting. Sebut saja vitamin D yang berperan dalam penyerapan kalsium dan fosfor untuk menjaga kepadatan tulang.

Itulah tadi 5 makanan sehat untuk membantu pertumbuhan Si Kecil, Bunda. Namun, jangan hanya berpatok pada asupan gizi saja ya, Bun. Pastikan anak menerapkan pola hidup sehat, dengan rutin berolahraga dan istirahat cukup.

Selain itu, pastikan anak terhidrasi baik dengan mengonsumsi air mineral yang cukup. Soal air mineral, Bunda bisa pilih yang jelas mengandung mineral esensial yang penting untuk tubuh seperti Le Minerale. Kemasannya terjamin lebih higienis karena menggunakan galon yang selalu baru, bukan galon bekas yang dicuci ulang.

Nah, selain kebersihan air mineral yang terjamin, tutup Galon Le Minerale juga rapat dan kedap udara lho, Bun! Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu dan kotoran. Apalagi kemasan galon nya juga bebas BPA, jadi dijamin aman untuk dikonsumsi Bunda, anak-anak dan seluruh anggota keluarga.

Seperti kita ketahui ya, Bunda, BPA atau Bisphenol-A adalah zat kimia yang banyak digunakan untuk membuat kemasan plastik keras dan tidak mudah hancur. Penggunaan zat kimia BPA ini sangat berbahaya, karena BPA dapat menyebabkan kanker, diabetes, gangguan otak serta perilaku pada anak, hingga peningkatan risiko penyakit jantung.

Mulai sekarang, yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih dan lebih aman!

Bunda, simak juga terkait stunting yang bisa menyebabkan pertumbuhan anak terganggu dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(ADS)
fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!