sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Kecil

Nanie Wardhani   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 18:35 WIB
Portrait of happy lovely family arabic muslim mother and little muslim girls child with hijab dress smiling and having fun hugging and kissing together in living room caption

Mengajarkan nilai-nilai agama dan membangun kecerdasan spiritual pada anak adalah hal yang fundamental dalam tumbuh kembang Si Kecil. Namun ternyata Bunda tidak perlu menunggu Si Kecil cukup besar untuk bisa diajarkan mengenai spiritualitas dan membentuk kecerdasan spiritualnya. Bunda bisa memulainya sejak Si Kecil masih balita.

Apa yang diharapkan pada usia ini?

Meski balita terlalu muda untuk memahami konsep-konsep abstrak, namun mereka secara alami ingin tahu tentang dunia, mudah percaya pada hal-hal yang tidak dapat dilihat, dan hidup hampir seluruhnya pada momen yang sedang berjalan.

Dikutip dari Babycenter, anak-anak kecil memiliki rasa takjub yang luar biasa, mereka adalah makhluk spiritual bawaan.


Si Kecil mungkin masih tampak masih kecil untuk pengajaran spiritual yang serius. Namun Bunda dapat mulai membangun kecerdasan spiritualnya dengan cara lain. Untuk saat ini Bunda hanya perlu mendorongnya bersikap baik kepada orang lain atau menyebutkan iman Bunda ketika menjawab pertanyaan uniknya.

Bagaimana cara membangun kecerdasan spiritual Si Kecil

1. Perkuat keyakinan Bunda sendiri

Bunda dapat meluangkan waktu mempertimbangkan jawaban Bunda saat Si Kecil bertanya pertanyaan-pertanyaan rumit seperti : Menurut Bunda apa yang terjadi ketika seseorang meninggal?

2. Kenalkan spiritualitas sejak dini

Anak-anak kecil tidak mengerti siapa Tuhan, tapi mereka juga tidak benar-benar mengerti siapa kakek neneknya. Sama seperti anak Bunda akan meyakini bahwa nenek atau kakek adalah orang penting dalam hidupnya bahkan jika dia jarang melihat, dia juga akan meyakini keberadaan Tuhan.

3. Gunakan kegiatan sehari-hari untuk membangun keceriaan spiritual 

Middle eastern mother helping her child with homework.Ilustrasi membangun kecerdasan spiritual pada anak/ Foto: iStock

Bunda dapat menunjukkan bahwa spiritualitas adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dengan memasukkannya ke dalam tindakan dan kata-kata. Contohnya saat Bunda membuka tirai di pagi hari, Bunda dapat berkata, "Lihat hari yang indah ciptaan Allah ini, Nak." 

4. Menanamkan apresiasi terhadap alam

Alam adalah tempat yang tepat untuk menemukan inspirasi dan rasa spiritualitas. Bantu anak Bunda melihat alam sebagai sesuatu yang berharga.

5. Ceritakan dongeng atau cerita rakyat

Perkenalkan balita Bunda pada gagasan bahwa orang yang memiliki kepercayaan, mitos, dan tradisi yang berbeda dengan menceritakan sebuah dongeng atau cerita rakyat.

6. Membangun tradisi keluarga

Spiritualitas dapat menghubungkan kita dengan Tuhan, sesama manusia, dan dengan masa lalu. Jika Bunda membesarkan anak Bunda dalam tradisi spiritual yang sama seperti Bunda dibesarkan, pastikan dia tahu bahwa dia menjalankan ritual keluarga yang diwariskan oleh kakek neneknya dan bahkan kakek buyutnya.

Bunda bisa tunjukkan padanya foto kumpul keluarga saat berlebaran, biarkan dia membantu menyiapkan makanan berbuka puasa, dan lain-lain. 

7. Perkenalkan bentuk doa sederhana

Jika doa adalah bagian dari latihan spiritual Bunda, beri tahu anak Bunda bahwa itu bukan sesuatu yang hanya dilakukan sekali-sekali, atau untuk saat-saat dia membutuhkan bantuan dengan sesuatu. Ini adalah alat untuk berkomunikasi dengan Tuhan kapan saja.

Ajak Si Kecil bergabung dengan Bunda saat berdoa pada waktu yang berbeda dalam sehari. Misalnya, ketika dia melihat sesuatu yang indah, ketika dia melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya, ketika dia bangun, atau sebelum tidur. Doa syukur sederhana sebelum atau sesudah makan bisa menjadi cara yang mudah dan efektif untuk menanamkan penghargaan atas dasar-dasar kehidupan.

Demikian beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk membangun kecerdasan spiritual Si Kecil sejak masih balita. Semoga bermanfaat ya Bunda.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!