sign up SIGN UP search

parenting

Viral Bayi 3 Bulan di Sumut Bisa Bicara, Begini Tanggapan Dokter Anak

Annisa Afani   |   Haibunda Senin, 18 Apr 2022 21:30 WIB
ilustrasi kaki O pada bayi caption
Jakarta -

Di media sosial kerap muncul konten unik yang lantas jadi perbincangan. Misalnya saja belum lama ini, ada video yang memperlihatkan aksi bayi berusia 3 bulan yang sudah bisa menanggapi obrolan orang tuanya.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @devidwi47, Bunda. Kini, konten viral tersebut sudah ditonton lebih dari 20 juta kali serta dibagikan 27 ribu kali oleh netizen.

Bayi lucu menggemaskan itu berjenis kelamin laki-laki dan diberi nama Abizar. Video diawali dengan suara ibunda sang bayi yang menanyakan apakah anaknya ingin minum susu.


"Abizar mau susu?" kata suara wanita dalam video.

Spontan, pertanyaan tersebut dijawab sang bayi dengan celotehan yang mirip dengan kata "enggak".

Jawaban sang anak tersebut tentu membuat sang bunda kaget. Sehingga, ia kembali meyakinkan Abizar apakah benar-benar tidak ingin minum susu. "Betul ya?" tanya sang ibunda kembali.

Secara tak terduga, bayi menggemaskan ini pun merespons kembali dan mengeluarkan suara yang terdengar seperti kata "Mau," katanya sambil menunjukkan mimik wajah lucu.

Kejadian ini lantas membuat orang penasaran. Bagaimana mungkin bayi yang masih begitu kecil, bisa memberikan reaksi seperti itu.

Menjawab rasa penasaran tersebut, HaiBunda mencoba menghubungi dr. Charles, M.Sc, Sp.A, dokter spesialis anak yang praktik di Rumah Sakit Umum Andhika, Jakarta Selatan.

Saat diminta tanggapan, Charles akui bahwa dirinya belum pernah menyaksikan video Abizar secara langsung. Meski begitu, katanya hal tersebut kemungkinan besar tak bisa terjadi pada bayi usia 3 bulan.

"Wah saya belum pernah dengar. Tapi secara milestone, tentunya tidak mungkin terjadi," katanya melalui WhatsApp pada Senin (18/4/2022).

Lebih lanjut, Charles kemudian mengatakan bahwa setiap ibu bisa memperhatikan milestone perkembangan anak dengan buku KIA. Katanya, revisi terbaru yang dikeluarkan sangat membantu.

"Untuk milestone, saya tidak hafal spesifik ya. Hanya secara umum atau redflag-redflag-nya."

"Ibu-ibu saat ini bisa sangat terbantu dengan buku KIA yang revisi terbaru untuk memantau tumbuh kembang anaknya," sambungnya.

Kemudian, Charles menjelaskan bahwa sebagian besar kemampuan berbahasa anak dibagi menjadi 2, yakni ekspresif dan reseptif. Dari dua hal tersebut, sebagian besar bayi yang masih begitu muda lebih banyak menunjukkannya dengan ekspresif.

"Secara garis besar, kemampuan berbahasa itu ada yang ekspresif (mengutarakan), ada yang reseptif (menerima). Yang sering terjadi kan di ekspresifnya (pada bayi)," tuturnya.

Lalu, bagaimana dengan yang ditunjukkan baby Abizar? Simak kelanjutannya pada halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, biar makin semangat menjalani bulan Ramadan, ada HAMPERS spesial nih dari HaiBunda. Bunda bisa mendapatkan minyak goreng 2 liter, emas 3 gram, smartphone, smart TV, dan masih banyak lagi. Daftar di SINI.

Bunda, simak juga milestone bayi 1 bulan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ORTU ABIZAR TAK MENYANGKA VIDEONYA BISA VIRAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!