sign up SIGN UP search

parenting

Kisah Bunda Pendiri Bintang Kecil, Aplikasi Edukatif Seputar Lagu Anak

Annisa A   |   Haibunda Senin, 25 Apr 2022 19:45 WIB
Kegiatan Bintang Kecil caption
Jakarta -

Di zaman modern dengan perkembangan teknologi yang pesat, lagu anak justru dikhawatirkan kehilangan sinarnya. Popularitas lagu anak saat ini bersaing sengit dengan lagu dewasa yang lebih banyak diperdengarkan di ruang publik.

Lagu anak yang dulu sempat populer di era 90-an, seperti hilang begitu saja. Banyak anak yang justru lebih akrab dengan lagu orang dewasa karena lebih viral.


Melihat isu tersebut, Melia Lustojoputro berupaya mendirikan suatu platform untuk menggaungkan popularitas lagu anak. Ia meluncurkan aplikasi yang diberi nama Bintang Kecil.

Sebelum mendirikan Bintang Kecil, Melia berprofesi sebagai seorang perancang gaun pesta dan pengantin selama lebih dari dua dekade. Ia juga merupakan seorang fotografer dan penulis.

Melia sudah penah membuat aplikasi di bidang jasa rumah tangga pada 2019. Namun di 2020, terbersit keinginan untuk membuat aplikasi yang dapat merangkul anak-anak di bidang seni musik.

Bunda 3 anak ini memiliki mimpi agar lagu anak-anak dapat tergaung kembali di berbagai ruang publik. Hal itu semakin mantap dia inginkan ketika diundang oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara bersama teman-teman pencipta lagu anak kala mengikuti lomba perayaan Hari Anak Nasional.

"Beliau menyampaikan keprihatinannya akan kelangkaan lagu anak Indonesia yang berperan besar terhadap pengembangan karakter anak sebagai calon pemimpin bangsa ini, dan beliau berpesan agar kami, pencipta lagu anak terus berkarya untuk anak Indonesia," cerita Melia kepada HaiBunda, belum lama ini.

Banner Tanda Janin Lapar

Di sisi lain, Melia melihat ribuan pencipta lagu anak yang kesulitan untuk memublikasikan karya mereka karena hampir semua radio menolak memutar lagu anak. Akibatnya, lagu anak Indonesia sudah jarang terdengar.

Berangkat dari kekhawatiran itu, Melia melakukan riset berupa survei yang melibatkan 200 orang tua anak. Ternyata, 95 persen dari mereka tidak mengenal lagu-lagu anak yang diciptakan oleh para pencipta lagu anak. Ia kemudian merancang aplikasi lagu anak bersama developer dari India dalam waktu 6 bulan.

Tak sendiri, ia turut menggandeng rekan musisi, organisasi musik, influencer, sekolah, majalah anak, hingga pemerhati anak seperti Kak Seto dalam menjalankan berbagai program Bintang Kecil. Aplikasi Bintang Kecil akhirnya resmi meluncur pada November 2020.

Bintang Kecil menyajikan berbagai fitur seperti 750 lagu anak Indonesia klasik dan terkini, 500 lagu karaoke anak, dan video recorder dengan emoji lucu yang diiringi atau tanpa diiringi lagu anak.

Selain itu, terdapat forum untuk anak-anak saling menyapa, artikel yang memuat berita terkini seputar kesehatan dan perkembangan anak, halaman mewarnai, tracing, dan funny voice changer untuk mengirimkan rekaman audio dengan suara lucu.

"Selain fitur di dalam aplikasi, kami juga mempunyai komunitas untuk anak-anak dapat berekspresi, berkreasi, dan mengukir prestasi melalui berbagai program dan lomba yang kami adakan," ujar Melia.

"Kami juga memberikan panggung untuk anak-anak berbakat yang berani tampil di mula umum, secara online dalam program Open Mic, maupun secara offline di mal-mal yang berafiliasi dengan Bintang Kecil," imbuhnya.

Selain menyediakan ratusan lagu anak di aplikasi, Melia juga mengadakan kelas non akademis yang seru untuk anak-anak. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang manfaat musik klasik untuk Bunda yang sedang hamil di bawah ini: 

[Gambas:Video Haibunda]

BERBAGAI MACAM PILIHAN KELAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!