sign up SIGN UP search


parenting

Tips Mengajari Anak Mengelola THR Sejak Dini dalam Islam

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 22:10 WIB
Young boy wearing traditional clothes looking excited in anticipation of the Islamic celebration of Hari Raya Aidilfitri (Eid al-Fitr). Kuala Lumpur, Malaysia. May 2018 caption
Jakarta -

Tradisi memberikan THR Lebaran sudah ada sejak dulu di Indonesia. Tak heran bila momen ini cukup ditunggu anak-anak, Bunda.

Namun sayangnya, THR Lebaran kadang justru dianggap sebagai hal negatif. Terutama bila anak sudah sampai membandingkan nilai nominal yang didapatkannya dan merasa kecewa bila tidak menerimanya.

Padahal, THR Lebaran dapat mengajarkan anak makna memberi dan menerima dengan tulus. Menurut anggota Majelis Pembinaan Kader PP Aisyiyah, Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag., kita dapat mengajarkan anak untuk menerima pemberian orang lain, karena pemberian ini bukan hal yang buruk.


Selain itu, THR Lebaran juga dapat mengajarkan anak makna berbagi dan cara berterima kasih. Si Kecil pun akan belajar untuk tidak mengukur pemberian orang lain.

"Manfaatnya orang tua menyampaikan bahwa ini adalah momen berbagi, setiap orang punya kemampuan berbeda, jangan mengukur pemberian orang dari jumlahnya, tapi pandanglah ketulusannya. Ini juga bisa sekalian mengejarkan anak berterima kasih terhadap pemberian orang lain," kata Ustazah Laitatis saat dihubungi HaiBunda baru-baru ini.

Ustazah Lailatis menjelaskan, dalam Islam dijelaskan, 'Barang siapa tidak bisa berterima kasih terhadap pemberian yang sedikit, maka dia tidak akan bisa berterima kasih pada pemberian yang banyak.'

THR Lebaran bukan tradisi buruk bila tidak mengubah anak menjadi pribadi yang buruk. Tapi tentu saja orang tua berperan penting dalam menjelaskan maknanya pada anak-anak.

"Semua tradisi asalkan baik dan tidak merusak akidah atau keimanan kepada Allah. Tidak masalah, apalagi di hari Raya itu kan memberikan kebahagiaan, memperkenalkan kebudayaan, mengajarkan anak berbagi, dan menerima pemberian dari saudara meski sedikit, banyak, atau tidak sama sekali," ujarnya.

Konsep mengelola THR Lebaran juga bisa dikenalkan pada anak yang sudah mulai mengerti makna puasa. Bagaimana caranya?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara menjelaskan makna Idul Fitri ke anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGAJARKAN ANAK MENGELOLA THR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!