parenting

Cara Tepat Kelola Uang Angpao Lebaran yang Diterima Si Kecil

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 04 Jun 2019 16:59 WIB
Cara Tepat Kelola Uang Angpao Lebaran yang Diterima Si Kecil
Jakarta - Alhamdulillah, panen rezeki saat Hari Raya. Ya, anak-anak biasanya kebanjiran angpao yang diberikan sanak saudara saat Lebaran. Tapi, apakah Bunda sudah mengelola uang itu dengan tepat?

Karena belum paham uang, kedua anak Bubun yang baru berusia 6 dan 4,5 tahun suka bingung kalau dikasih angpao Lebaran. Kadang, mereka enggak mau terima atau langsung dikasih ke Bubun. Wah, rezeki nomplok nih!

Sebagian anak yang belum mengerti angpao biasanya memang memberikan uang itu pada orang tuanya. Nah, kalau yang sudah paham, pasti mau digunakan sesuai keinginan seperti jajan atau beli mainan.


Menurut psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, di sinilah peran orang tua dibutuhkan untuk mengelola angpao Lebaran secara tepat. Baiknya, menurut dia, dibuat kesepakatan nanti uang itu mau digunakan untuk apa.

Ilustrasi angpao LebaranIlustrasi angpao Lebaran/Foto: iStock



"Pembelajarannya adalah after effect, yakni setelah anak menerima angpao dari beberapa orang atau keluarga," kata Ratih saat ngobrol dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.

"Rencananya apa terhadap si uang ini. Jangan sampai ketika dapat uang, dia merasa itu miliknya dan bebas mau beli apapun. Itu sebenarnya enggak dibenarkan karena anak-anak belum punya self control dan pengaturan keuangan yang baik," paparnya.

Cara Tepat Mengelola Angpao Lebaran yang Diterima Si KecilIlustrasi bagi-bagi angpao Lebaran/ Foto: iStock
Psikolog dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Jakarta, ini juga berpendapat, angpao itu sebenarnya budaya atau tradisi yang diberikan saat Hari Raya, dan bukan sebuah kewajiban.

Ia pun meyakini, bukan hal mudah untuk membuat kesepakatan dengan anak terkait angpao yang didapat. Menurutnya, anak usia tiga tahun mulai bisa diajak berkomunikasi soal kesepakatan tersebut.

"Tapi, mungkin derajat kesulitannya berbeda setiap level usia anak," tegasnya.


Nah, kalau Bunda biasanya bagaimana? Berbagi yuk di kolom komentar, soal tradisi bagi-bagi angpao Lebaran di keluarga besar atau lingkungan sekitar.

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi