sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Asupan Lemak pada MPASI Si Kecil, Jadi Sumber Energi Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 06 May 2022 15:40 WIB
Ilustrasi MPASI Pentingnya Asupan Lemak pada MPASI Si Kecil, Jadi Sumber Energi Bun/Foto: iStock

Jakarta - Mengenalkan makanan padat kepada Si Kecil biasanya bisa dilakukan saat usianya 6 bulan. Pada saat itulah, kebutuhan bayi akan energi dan zat gizi mulai melebihi apa yang disediakan oleh ASI.

Untuk itu, makanan pendamping pun diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam memilih makanan pendamping ASI atau MPASI, Bunda perlu memastikan bahwa itu memiliki sumber nutrisi yang lengkap dan cukup untuk pertumbuhan serta perkembangan Si Kecil.

Dengan demikian, makanan ini perlu tinggi kepadatan energi dengan komposisi protein yang seimbang, vitamin dan mineral yang dibutuhkan, hingga lemak. Terutama lemak, penelitian modern telah menetapkan bahwa lemak baik perlu menjadi bagian penting dari MPASI, lho. Untuk informasi lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.


Mengapa lemak dibutuhkan untuk MPASI?

Melansir dari laman Frontiers in Nutrition, lemak makanan merupakan bagian penting dari nutrisi yang diperoleh dari makanan. Lemak juga memiliki peran penting dalam mempromosikan kesehatan yang baik dan meningkatkan kualitas sensori makanan.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Lemak juga membantu penyerapan vitamin A dan vitamin larut lemak lainnya. beberapa lemak terutama kedelai dan minyak lobak, juga menyediakan asam lemak esensial. Lemak menyumbang sekitar 50 persen dari energi ASI dan berfungsi sebagai sumber energi utama bagi bayi selama 6 bulan pertama kehidupan.

Namun, dengan diperkenalkannya MPASI, lemak secara bertahap diambil alih oleh karbohidrat sebagai sumber energi utama. Meski begitu, lemak tetap menjadi sumber energi yang penting bersama dengan karbohidrat dalam memenuhi kebutuhan energi anak yang sedang tumbuh.

Disarankan, Si Kecil mendapatkan lemak harian rata-rata setara dengan 30 hingga 45 persen dari asupan energi untuk menyeimbangkan asupan dan menghindari risiko obesitas serta penyakit kardiovaskular.

Lalu, apa saja manfaat lainnya dari lemak untuk anak-anak? Yuk, simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Saksikan juga video tentang serba-serbi pemberian telur untuk MPASI.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT LEMAK PADA MAPASI ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!