sign up SIGN UP search


parenting

Status Vaksin COVID-19 4 Anak di Indonesia yang Meninggal Diduga Hepatitis Misterius

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 18:04 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit caption
Jakarta -

Hepatitis akut 'misterius' menjangkiti sejumlah anak di dunia, termasuk di Indonesia. Di Tanah Air, terdapat empat kasus anak yang diduga terkena hepatitis misterius.

Kementerian Kesehatan RI mengungkap status vaksinasi COVID-19 empat kasus anak tersebut. Rentang usia anak berada di bawah 11 tahun, ada yang baru menerima satu dosis hingga vaksin lengkap.

"Yang delapan tahun satu kali sudah divaksin, yang 11 tahun sudah lengkap, yang dua tahun memang belum divaksin," ujar juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom, Senin (9/5/2022).


Ketiganya merupakan pasien anak di DKI Jakarta yang meninggal dunia usai sebelumnya sempat dirawat di RS Cipto Mangunkusumo. Sementara kasus baru diduga hepatitis 'misterius' di Tulungagung masih dalam penelusuran epidemiologi.

"Kasus Tulungagung masih pemeriksaan epidemiologis (riwayat vaksin belum diketahui)," katanya.

Total ada empat kasus pending hepatitis 'misterius' hingga Senin (9/5). Kasus pending diartikan pemerintah belum bisa mengonfirmasi kepastian penyebab yang bersangkutan, tetapi diduga kuat berkaitan hepatitis 'misterius'.

"Ada empat kasus pending hepatitis akut. Belum bisa dikonfirmasi karena masih perlu beberapa tes," kata dr Nadia.

Selain melakukan tes laboratorium virus hepatitis A, B, C, D, maupun E, pemerintah juga melanjutkan tes adenovirus. Adenovirus diduga para pakar menjadi penyebab munculnya hepatitis 'misterius'.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!