sign up SIGN UP search


parenting

Curiga Anak Bergejala Hepatitis Misterius, Segera Periksa ke Dokter atau Tunggu Dulu?

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 20:10 WIB
ilustrasi anak demam Ilustrasi curiga anak bergejala hepatitis misterius, segera cek ke dokter atau tunggu dulu?/Foto: iStock.

Saat anak tampak bergejala hepatitis misterius, orang tua sering kali bingung harus melakukan apa. Sebaiknya segera periksa ke dokter atau tunggu dulu, ya?

Menurut dokter spesialis anak konsultan gastro-hepatologi RSCM FK UI, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A, jika anak mengalami gejala hepatitis misterius, orang tua sebaiknya segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.

Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Hal ini karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi hepatitis sudah sangat berat. 


Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, maka peluang dokter untuk menolong pasien sangat kecil. Untuk itu, Bunda harus langsung membawa Si Kecil ke rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan.

“Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelematkannya sangat kecil,” pesan Prof Hanifah, seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes RI.

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi. Sebagai langkah pencegahan, Kemenkes mengungkap sejumlah tahap yang wajib dilakukan.

Beberapa di antaranya seperti memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak memakai alat makan bersama orang lain, rutin mencuci tangan, serta hindari kontak dengan orang yang sedang sakit.

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam IslamFoto: Annisa Shofia/ HaiBunda

Gejala hepatitis misterius pada anak 

Apa saja gejala hepatitis misterius pada anak yang perlu Bunda amati? Dikutip dari CNN Indonesia, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau para orang tua untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit hepatitis misterius ini.

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, dr Piprim Basarah Yanuarso, mengatakan deteksi dilakukan untuk menemukan gejala-gejala hepatitis misterius pada anak.

Dokter Piprim berpesan orang tua untuk segera ke dokter jika anak bergejala hepatitis misterius, seperti kuning, mual muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran, kejang, lesu, dan demam tinggi.

Gejala hepatitis misterius pada anak lainnya yang juga perlu diwaspadai yakni urine berwarna gelap pekat, serta feses berwarna pucat. Sementara itu dilansir BBC Internasional, kasus hepatitis akut misterius ini telah terdeteksi di 20 negara di seluruh dunia, dengan hampir 300 anak terkena.

"Orang tua harus tetap waspada terhadap tanda-tanda seperti salah satunya semburat kuning di bagian putih mata. Jika ragu, lakukan pemeriksaan ke dokter," ungkap Meera Chand, dari UK Health Security Agency (UKHSA).

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video ada 6 penyakit saluran cerna yang mengintai anak usai Lebaran menurut IDAI:

[Gambas:Video Haibunda]



PEMERIKSAAN LABORATORIUM HEPATITIS MISTERIUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!