sign up SIGN UP search


parenting

Anak 7 Tahun di Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Apa Gejala Awalnya?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 15:38 WIB
Closeup saline IV drip for patient and Infusion pump feeding into child patient while she is sleeping on bed in the hospital Ilustrasi hepatitis misterius. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock
Jakarta -

Wabah hepatitis misterius sedang melanda dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini pun membuat orangtua khawatir pasalnya penyebab hepatitis misterius ini masih belum diketahui ya, Bunda.

Terkait hal ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengimbau untuk para orang tua agar waspada terhadap hepatitis misterius ini. Orang tua juga diminta memperhatikan gejala yang terjadi pada anak agar dapat dideteksi lebih awal.

Sejak awal Mei 2022, dilaporkan tiga pasien anak DKI Jakarta meninggal dunia dengan kondisi terlanjur kritis saat dibawa ke rumah sakit. Laporan ini menjadi kasus pertama kematian diduga hepatitis misterius.


Masih di bulan yang sama pula, terdapat laporan baru satu anak berusia tujuh tahun meninggal dunia di wilayah Jawa Timur. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat.

Banner Penyebab Janin Menangis dalam Kandungan

Penyebab meninggalnya anak berusia tahun tersebut diduga berkaitan dengan hepatitis akut misterius. Pasalnya, anak tersebut sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit dengan gejala hepatitis.

Namun, dari hasil pemeriksaan laboratorium disebut tidak mendeteksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E. Anak tersebut diketahui dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung.

"Ya, sudah konfirmasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat, dikutip Senin (9/5/2022).

Temuan kasus hepatitis misterius ini awalnya saat pasien mengeluhkan demam dan muntah selama empat hari. Kemudian pasien sempat dibawa ke RS swasta, namun belum juga sembuh hingga pada Jumat (6/5) pasien anak tersebut dinyatakan meninggal dunia.

Lalu seperti apa penularan hepatitis misterius ini? TERUSKAN MEMBACA DENGAN KLIK DI SINI.

Simak juga video hal-hal tentang hepatitis misterius yang perlu Bunda ketahui:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!