sign up SIGN UP search


parenting

Fakta Hepatitis Misterius, Benarkah Dapat Menular Lewat Udara?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 13:15 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Hepatitis 'misterius' yang belakangan menghantui bukan berasal dari virus hepatitis biasa. Seiring berjalannya waktu, kasus di seluruh dunia terus bertambah, termasuk di Indonesia, Bunda.

Melansir dari BBC, kasus ini sudah ditemukan setidaknya di 20 negara di seluruh dunia, dengan hampir 300 anak terinfeksi. Hal ini tentu mengkhawatirkan Bunda dan para orang tua lainnya, ya.

Meera Chand, dari UK Health Security Agency (UKHSA) mengatakan, salah satu ciri-ciri hepatitis misterius yang paling umum adalah kulit tampak kuning dan muntah. Sebagian besar kasus ini terjadi pada anak berusia di bawah 5 tahun.


Terkait kondiis ini, Jubir Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi menyampaikan pihaknya tengah melakukan investigasi lebih lanjut. Sementara itu, ia meminta masyarakat tetap tenang dan berhati-hati.

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam

Dalam laman resmi Kemenkes RI, dr Nadia juga menyarankan untuk lakukan tindakan pencegahan dengan mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, dan menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Belum diketahui pasti penyebab dari 'hepatitis misterius' ini. Namun, ada dugaan virus tersebut bisa menular lewat saluran cerna dan pernapasan.

Dugaan tersebut disampaikan oleh Prof Dr dr Hanifah Oswari, SpA, konsultan gastro hepatologi anak dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Menurutnya, risiko penularan lewat pernapasan bisa dicegah dengan protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Simak juga fakta soal hepatitis misterius yang perlu Bunda ketahui di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!