sign up SIGN UP search


parenting

Apa Penyebab Leher Bayi Merah dan Bagaimana Cara Tepat Mengobatinya?

Kinan   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 14:00 WIB
Ilustrasi bayi menangis Ilustrasi penyebab leher bayi merah dan cara mengatasinya?/Foto: istock
Jakarta -

Munculnya ruam merah di leher bayi sebenarnya cukup umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya dan mungkin tidak terlalu terlihat, hal ini membutuhkan perhatian karena kulit bayi masih sangat sensitif. Apa penyebab leher bayi merah?

Untuk sementara waktu, biasanya leher bayi merah karena adanya beberapa masalah dermatologis dalam beberapa minggu pertama setelah lahir. Biasanya ini karena proses adaptasi dan masih perlu waktu untuk berkembang secara sempurna.

Leher merah pada bayi juga dapat disebabkan karena iritasi. Hal itu dapat membuat bayi merasa tidak nyaman, rewel, dan sulit tidur nyenyak.


Jika Si Kecil tampak memiliki ruam merah di lehernya, perhatikan suhu ruangan terlebih dahulu. Bisa jadi suhunya terlalu panas, sehingga bayi mengalami ruam iritasi di lehernya.

Faktor-faktor penyebab leher bayi merah

Selain karena suhu ruangan yang panas, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab leher bayi merah. Berikut rangkumannya seperti dilansir berbagai sumber:

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun

1. Iritasi kulit

Saat menyusu, bayi kerap memuntahkan susu dari sisi mulutnya. Susu yang menetes ini kemudian terkumpul di lipatan kulit leher. Jika tidak dibersihkan dengan benar, area leher yang terlipat dan lembap akan menjadi tempat berkembang biak mikroba pemicu infeksi mikroba.

Iritasi dan ruam merah juga rentan terjadi pada leher bayi yang gemuk, karena adanya lipatan-lipatan di kulitnya. Selain memicu kelembapan, adanya gesekan pada bagian leher juga dapat memicu iritasi kulit.

Air liur yang menetes dan tidak dibersihkan dengan tepat juga bisa memicu iritasi dan kemerahan di leher bayi. Jadi, pastikan Bunda rutin membersihkan dan mengeringkan leher bayi agar tidak memicu kelembapan berlebih, ya.

2. Biang keringat

Saat cuaca sedang panas, bayi rentan mengalami kemerahan pada leher akibat biang keringat. Dikutip dari Mom Junction, biang keringat umumnya muncul dengan benjolan-benjolan kecil berwarna merah yang gatal pada kulit. 

Penyebab utama biang keringat yakni keluarnya keringat terus-menerus pada bayi, yang terperangkap di lipatan kulit, khususnya leher. Cuaca panas yang sangat kering juga dapat mengiritasi kulit bayi yang sensitif. 

3. Infeksi jamur

Selain infeksi ruam biasa, kelembapan berlebih pada kulit leher bayi juga bisa memicu infeksi jamur. Dalam kondisi ini, biasanya kemerahan pada leher juga disertai dengan rasa gatal dan lecet karena bayi sering menggaruknya.

4. Eksim

Dilansir Medical News Today, eksim atau dermatitis pada bayi menjadi salah satu penyebab leher merah. Selain itu, pada bayi dengan eksim dapat pula muncul gejala lain seperti kulit kering, bersisik, dan gatal.

Kondisi ini umumnya bersifat genetik, alias diturunkan dari riwayat kesehatan orang tua. Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang penyebab utama berat badan anak susah naik berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENGOBATAN UNTUK RUAM MERAH PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!