sign up SIGN UP search


parenting

Yuk Perkenalkan 7 Nama Hewan dari Huruf G pada Si Kecil

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 14:00 WIB
African Elephants on the Masai Mara, Kenya, Africa caption

Ada banyak hewan yang hidup di dunia. Dari yang hidup di langit, darat, atau laut. Oleh karena itu, banyak juga hewan yang bisa diperkenalkan kepada Si Kecil.

Salah satu cara memperkenalkan dunia fauna pada Si Kecil adalah dari huruf pertama nama hewan tersebut, seperti contoh yang akan kita bahas di sini adalah nama hewan dengan huruf G.

Mengenalkan hewan kepada Si Kecil sejak dini memiliki banyak manfaat. Si Kecil bisa belajar untuk berempati dan berpotensi untuk meningkatkan kecerdasan anak. Kecerdasan itu berupa emosi dan sosial.


Nah, jika belum sempat mengajaknya ke kebun binatang untuk melihat langsung hewan maka Bunda bisa menceritakan berbagai hewan melalui foto atau video. Terlebih, jika Si Kecil kini sangat tertarik dengan gadget.

Berikut adalah daftar hewan dari huruf G, yang bisa Bunda kenalkan kepada Si Kecil.

Gurame

Siapa yang tidak kenal ikan gurame? Ikan air tawar ini sangat familiar hidup di wilayah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Ikan ini bisa dipelihara, atau juga dibudidayakan sehingga menjadi santapan lezat.

Sebenarnya, menurut AZ Animals ikan gurame memiliki banyak jenis, tapi karakteristiknya tetap sama. Beberapa jenis punya kumis seperti lele, tapi banyak juga yang tidak memilikinya.

Gajah

Hewan yang khas dengan belalainya ini adalah hewan terbesar yang ada di darat. Tubuh yang besar, telinga yang juga besar, serta belalai yang digunakan untuk mengambil makanan adalah ciri dari gajah.

Selain itu, gajah juga memiliki gading berwarna putih. Gading ini berguna untuk mencari makanan, menggali tanah, hingga bertahan dari serangan. 

Hewan ini termasuk hewan yang terancam punah, karena banyak habitatnya yang dirusak.

Gorila

Two one-year old baby mountain gorillas play together in the forest of Bwindi Impenetrable National Park in southwestern Uganda Saturday, April 3, 2021. (AP Photo)Gorila/ Foto: AP Photo

Siapa yang pernah melihat gorila? Meskipun badannya besar, gorila sebenarnya hewan yang lembut kok. Gorila juga memiliki perilaku dan emosi yang mirip seperti manusia. Seperti tertawa, dan bersedih.

Faktanya, gorila memiliki kemiripan genetik sebesar 98,3 persen dengan manusia. Menjadikan gorila sebagai saudara terdekat manusia setelah simpanse dan bonobo.

Hewan yang kekar ini punya tangan, bahu, dan dada yang lebar seperti manusia dengan mata yang kecil dan wajah yang tidak berbulu.

Gurita

Jika hewan-hewan sebelumnya adalah hewan darat, maka kali ini hewan dari huruf G selanjutnya adalah hewan yang berasal dari laut. Gurita adalah hewan laut yang terkenal dengan tubuhnya yang bulat, lengannya yang panjang berjumlah delapan.

Gurita seperti saudaranya, yaitu cumi-cumi, dianggap banyak orang sebagai monster. Karena gurita punya racun yang sangat berbahaya yang ia keluarkan saat merasa terancam atau diserang.

Gabus

Hewan yang berawalan dengan huruf G selanjutnya adalah ikan gabus. Gabus adalah ikan air tawar yang mudah dijumpai. Ia juga disebut sebagai predator di air tawar.

Pada musim kemarau, ia dapat menggali lumpur di dasar air, seperti pada sungai, rawa, atau kanal. Jumlah spesiesnya ada hingga 26 spesies, itu hanya yang hidup di daerah Asia saja. Ukuran tubuhnya kurang lebih hanya 17 sentimeter.

Gelatik

Burung gelatik adalah salah satu burung pengicau. Ia datang dari bagian selatan Indonesia. Burung yang memiliki nama latin padda oryzivora ini memiliki ukuran yang relatif kecil. Yaitu hanya 15 cm.

Salah satu jenis gelatik yang populer adalah gelatik jawa. Ia memiliki kepala hitam, pipi berwarna putih, serta paruh besar yang berwarna merah.

Gagak

Satu lagi burung yang memiliki nama berawalan huruf G, yaitu burung gagak. Burung yang sering dikaitkan dengan pertanda buruk ini sebenarnya adalah hewan yang sangat cerdas. Gagak juga termasuk hewan yang hidup berkelompok.

Fakta unik tentang gagak, burung ini sebenarnya memiliki logat sesuai grupnya. Jika manusia memiliki logat bahasanya masing-masing, maka burung gagak pun memiliki logatnya sendiri dan berbeda antar grupnya.

Nah, itulah 7 contoh hewan dari huruf G. Tentunya, masih banyak hewan yang memiliki nama dengan berawalan huruf G. 

 Semoga bermanfaat, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!