sign up SIGN UP search


parenting

Apa Bedanya Hari Ayah Sedunia dengan Hari Ayah Nasional? Ini Penjelasannya Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 18 Jun 2022 14:00 WIB
Asian father and son play with paper plane in public park in summer , fatherhood and kid have leisure activity together. caption
Jakarta -

Hari Ayah adalah hari merayakan dan menghormati ayah dan pengaruh mereka dalam hidup. Pada Hari Ayah, tidak hanya harus menghormati ayah kandung Anda pada hari tersebut, kakek, ayah tiri, ayah angkat, dan orang lain yang dianggap sebagai figur ayah dihargai.

Hari Ayah Sedunia dirayakan pada 19 Juni, sementara Hari Ayah Nasional jatuh pada 12 November. Kenapa bisa berbeda ya, Bunda?

Sejarah Hari Ayah kembali ke tahun 1908, ketika sebuah gereja di Virginia Barat mengadakan khotbah untuk menghormati 362 pria yang telah terbunuh tahun sebelumnya dalam ledakan pertambangan batu bara.


Ini adalah acara pertama di negara itu yang secara ketat menghormati ayah, tetapi itu hanya hal yang sudah selesai, setidaknya di komunitas itu.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Jadi hari libur

Namun, tahun berikutnya, seorang wanita bernama Sonora Smart Dodd memulai usahanya untuk menetapkan Hari Ayah sebagai hari libur nasional. Dodd adalah salah satu dari enam anak yang dibesarkan oleh ayah tunggal mereka, dan dia pikir ayah harus dihormati dengan cara yang sama seperti ibu.

Setelah dia mengajukan petisi kepada komunitas dan pemerintah setempat selama setahun, negara bagian asal Dodd di Washington merayakan Hari Ayah resmi pertamanya pada 19 Juni 1910.

Selama bertahun-tahun, perayaan Hari Ayah menyebar dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya, dan setelah sekian lama berjuang, itu akhirnya dinyatakan sebagai hari libur nasional pada tahun 1972 ketika Presiden Richard Nixon menandatanganinya menjadi undang-undang. Demikian dilansir Reader's Digest.

Bagaimana dengan Hari Ayah Nasional? Baca sejarah di baliknya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cara lakukan bonding dengan anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SEJARAH HARI AYAH NASIONAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!