sign up SIGN UP search


parenting

Hari Ayah Sedunia 19 Juni 2022: Sejarah dan Ucapan Selamat Hari Ayah

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 17 Jun 2022 14:00 WIB
Newborn baby caption
Jakarta -

Ada hari istimewa untuk para ayah, nih. Hari Ayah Sedunia akan diperingati pada 19 Juni mendatang. Peringatan ini berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November, lho.

Hari Ayah Nasional merupakan perayaan istimewa untuk para ayah, yakni bentuk penghargaan untuk pahlawan keluarga.

Hari Ayah Sedunia diperingati di berbagai negara belahan dunia. Hari tersebut dirayakan setiap Minggu pada pekan ketiga. Itu artinya, tahun ini Hari Ayah Sedunia jatuh pada hari Minggu, Bunda.


Seperti namanya, Hari Ayah Sedunia berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang hanya diperingati di Indonesia saja. Selain tanggal yang berbeda, hari tersebut memiliki sejarah yang berbeda pula.

Melansir dari Live Science, Hari Ayah Sedunia terjadi karena peristiwa pada Mei 1090 silam. Kala itu, seorang anak bernama Sonora Smart Dodd sedang mendengarkan khotbah Hari Ibu di gereja.

Setelah mendengarkan dengan penuh khidmat, tumbuh keinginan di hati Dodd untuk menetapkan hari spesial untuk sang ayah, William Jackson Smart.

Banner Buah yang Bagus untuk Janin

Dodd sangat menyayangi ayahnya, karena sang Bunda meninggal dunia saat melahirkannya. Ayah Dodd yang merupakan veteran perang sipil bekerja keras mengurus Dodd dan lima saudara lainnya.

Pada mulanya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah tepat di hari ulang tahun ayahanda, yaitu 5 Juni. Ia bahkan sampai mengajukan petisi agar hari libur tersebut diakui di kotanya.

Akan tetapi, Wali Kota Spokane membutuhkan waktu untuk menetapkan tanggal tersebut. Setelah diundur selama dua minggu, akhirnya Hari Ayah pertama diperingati pada 19 Juni 1910, menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung.

Hari Ayah dirayakan dengan pemberian bunga mawar

Perayaan Hari Ayah Sedunia yang pertama resmi jatuh pada 19 Juni 1909. Hari tersebut diperingati dengan penuh suasana hangat layaknya hari Ibu

Untuk memperingati Hari Ayah Sedunia, anak-anak saling memberikan hadiah berupa bunga mawar kepada ayah mereka selama kebaktian gereja. Para wanita muda juga ikut membagikan mawar dari keranjang besar.

Bunga mawar yang dipilih merupakan mawar merah karena memiliki makna khusus, yakni apresiasi kepada para ayah yang masih hidup. Sementara itu, bunga mawar putih digunakan sebagai simbol penghormatan untuk ayah yang sudah meninggal dunia.

Sementara itu, Dodd membawa sang putra yang masih bayi dengan menaiki kereta kuda untuk melintasi kota. Ia membawa mawar dan hadiah untuk dibagikan kepada para ayah yang tinggal di rumah. Lanjutkan membaca di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang sifat-sifat yang diwariskan oleh ayah kepada anak perempuan:

[Gambas:Video Haibunda]



PERESMIAN HARI AYAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!