sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Bijak Menyikapi Nilai Rapor Anak Buruk, Lakukan Ini Sebelum Emosi

Kinan   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 22:25 WIB
Cari Program Belajar Tambahan Jika Perlu Saja, Ya
rapor anak jelek caption

4. Berikan dukungan dan motivasi

Seperti disebutkan sebelumnya, orang tua menjadi support system utama bagi anak-anak, terutama dalam berupaya meraih prestasi. Jadi, saat rapor anak sedang buruk, pastikan Ayah dan Bunda tetap memberinya dukungan.

Meski terdengar klise, tapi pada dasarnya anak belajar bagaimana cara memperlakukan diri sendiri seperti orang tua memperlakukan mereka. Dengan demikian, saat orang tua memberi semangat, anak pun jadi lebih percaya diri.

5. Cari program belajar tambahan jika perlu

Apabila anak mengeluhkan bahwa dirinya memerlukan bantuan les tambahan agar lebih memahami pelajaran, Bunda bisa mendukungnya. Yang pasti, sebaiknya ini dilakukan sesuai dengan keinginan anak, bukan paksaan dari orang tua.


Disebutkan Edlynn, orang tua mungkin juga perlu mempertimbangkan apakah anak membutuhkan dialog dengan tenaga profesional seperti psikolog, terutama jika penurunan nilainya disebabkan oleh depresi atau masalah psikis lain.

“Melakukan dialog terbuka dengan anak tanpa menghakimi dan bersedia memecahkan masalah bersama, dapat membuat anak merasa dipahami, didukung, dan diberdayakan," ungkap Edlynn.

Ketika orang tua menunjukkan sikap empati dan fokus pada kebutuhan anak, maka motivasi internal yang kemudian dimiliki anak perlahan akan meningkat.

Percayalah bahwa setiap anak itu istimewa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Bunda. Jadi jika saat ini nilai rapornya kurang memuaskan, tetap support dan beri kesempatan anak untuk memperbaiki diri. Pastikan juga Bunda menerima kelebihan anak di bidang lain, yang mungkin bukan dari bidang akademis, ya.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!