sign up SIGN UP search


parenting

Bayi Merangkak Usia Berapa? Simak Tahapan, Gaya, dan 3 Cara Stimulasinya

Anggi Astuti   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 22:05 WIB
Bayi Merangkak Usia Berapa? Simak Tahapan, Gaya, dan 3 Cara Stimulasinya caption
Jakarta -

Setiap harinya Bunda pasti senang memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil. Merangkak termasuk salah satu fase perkembangan yang akan dilewati Si Kecil. Sebenarnya di usia berapa ya bayi mulai merangkak?

Hal ini penting untuk Bunda ketahui, pasalnya merangkak merupakan cara pertama Si Kecil untuk bergerak sendiri. Ini menjadi pencapaian luar biasa bagi Si Kecil. Sebelumnya Si Kecil bisa tengkurap dan duduk tegak, kini mulai bisa bergerak kesana kemari dengan cara merangkak.

"Merangkak adalah pencapaian besar bagi bayi karena ini adalah langkah pertama menuju mobilitas mandiri," kata Rallie McAllister, MD, salah satu penulis The Mommy MD Guide to Your Baby's First Year, dilansir Parents.


Pada fase belajar merangkak, mereka mulai belajar menyeimbangkan gerakan tangan dengan lutut. Menopang berat badannya, hingga tertarik untuk meraih benda-benda di sekitar.

Bayi merangkak usia berapa?

Merangkak berkaitan dengan keterampilan motorik kasar, visual-spasial, serta kognitif. Untuk bisa merangkak otot-otot di punggung, leher, bahu, serta lengan harus sudah kuat untuk menopang berat badannya. Sehingga, bayi bisa menjaga keseimbangan tubuhnya sendiri.

Saat merangkak perkembangan mata juga memainkan perannya. Bayi menggunakan penglihatan binokular untuk fokus pada sesuatu yang ada di sekelilingnya.

Biasanya bayi mulai merangkak pada rentang usia 6-10 bulan. Merangkak diawali dengan tengkurap terlebih dahulu. Baru kemudian bayi mengangkat kepalanya untuk melihat lingkungan sekitar.

Setelah itu mulai belajar mengangkat tubuhnya dengan kedua lengan dan lutut. Hingga akhirnya mendorong tubuhnya untuk bergerak.

Gaya merangkak bayi

Gaya merangkak bayi berbeda satu dengan lainnya. Ada yang merangkak dengan cara yang biasa, ada juga yang merangkak dengan gaya tertentu. Misalnya, gaya merangkak seperti kepiting. Simak beberapa gaya merangkak pada bayi seperti dilansir Parents. Kira-kira anak Bunda termasuk yang mana?

1. Perayapan klasik

Pada gaya yang satu ini bayi akan menggerakkan satu tangan dan kakinya yang berlawanan secara bersamaan untuk mendorong tubuhnya bergerak maju ke depan. Gaya ini yang paling umum dijumpai pada bayi.

2. Scoot

Gaya scoot berarti bayi merangkak dengan cara menyeret bagian bawah saat melewati lantai.

3. Crab Crawl

Seperti namanya, gaya merangkak bayi yang ini persis seperti kepiting yang sedang berlari. Bayi bergerak dengan satu lutut yang ditekuk. Lutut yang satunya lagi diluruskan, baik ke depan atau ke samping.

4. Commando crawl

Commando crawl ini gaya merangkak dengan posisi berbaring telungkup. Kemudian bayi akan menggunakan lengannya untuk bergerak maju.

5. Merangkak mundur

Gaya yang terakhir ini memang cukup berbeda dengan yang lain. Kalau gaya merangkak lainnya bayi akan bergerak ke arah depan. Ini justru bayi merangkaknya ke arah belakang.

Front view of cute playful baby girl having fun on the floor while being chased by someone.Ilustrasi bayi merangkak/Foto: Getty Images/fotostorm

Tahapan bayi merangkak

Dilansir Baby Centre, ada beberapa tahapan bayi saat belajar merangkak sesuai dengan usianya.

6-7 bulan

Di usia 6-7 bulan bayi sudah mulai belajar merangkak setelah sebelumnya memperkuat otot lengan dan bahu dengan cara tengkurap. Bayi akan berbaring tengkurap sembari mengangkat kepala dan dadanya. Pada usia 7 bulan, bayi mulai bisa berpindah dari posisi duduk ke posisi merangkak.

8-10 bulan

Secara bertahap, pada usia 8-10 bulan bayi akan belajar beralih dari posisi merangkak kembali ke posisi duduk. Bayi mulai belajar bergerak maju dengan cara menggerakkan tangan dan kakinya yang berlawanan secara bersamaan.

Lebih dari 1 tahun

Saat berusia 1 tahun, bayi sudah bisa merangkak dengan sempurna dan tertarik melewati berbagai tantangan di hadapannya, seperti melewati tangga.

Baca selanjutnya tentang cara stimulasi bayi agar cepat merangkak di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cara menstimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA BAYI SEGERA BISA MERANGKAK DAN CARA MENSTIMULASINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!