sign up SIGN UP search


parenting

10 Cerita Dongeng Anak untuk Pengantar Tidur Si Kecil, Banyak Pesan Moralnya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 12 Apr 2022 20:45 WIB
Mother and daughter reading book on the floor. caption

Jakarta - Tahukah Bunda? Membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur untuk Si Kecil memiliki begitu banyak manfaat yang untuk tumbuh kembangnya di masa kanak-kanak.

Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan ketika orang tua berinteraksi seperti membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada anak, mereka akan belajar lebih banyak dari pesan moral yang disampaikan dongeng tersebut.

“Penelitian saraf menunjukkan ketika orang tua atau pengasuh berinteraksi dengan anak-anak secara verbal, termasuk membacakan untuk mereka, anak-anak akan belajar lebih banyak jika dibandingkan dengan yang kita pikirkan,” kata Reid Lyon, Kepala Institut Nasional Kesehatan Anak dan Perkembangan Manusia, dikutip dari Resveralife.


Nah, oleh karena itu, Bunda mulai sekarang bisa lho mencoba mengajak anak mendengarkan cerita yang Bunda bacakan atau bisa juga disampaikan secara langsung.

Supaya Si Kecil semakin tertarik, pilih cerita yang menarik dan lucu dan bawakan dengan penuh perasaan agar anak merasa terhanyut dalam ceritanya. Oh iya, jangan lupa ya Bunda untuk memilih cerita yang memiliki pesan morak yang baik. Bunda pun bisa menekankan pesan moral tersebut di akhir sesi bercerita.

Untuk membantu Bunda, berikut beberapa rekomendasi dongeng anak yang bisa Bunda bacakan atau ceritakan kembali untuk Si Kecil sebelum ia tidur. Simak yuk!

1. Si Kera dan Pohon Pisang

Bunda, mungkin cerita dongeng yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan saat mendongengkan Si Kecil sebelum tidur. Dongeng anak Si Kera dan Pohon Pisang ini mengajarkan kita untuk selalu berbagi dan tidak serakah, lho Bunda.

Dongeng anak yang satu ini menceritakan tentang dua sahabat, yaitu Si Kera dan Si Kura-Kura. Pada suatu hari, mereka sepakat memiliki rencana untuk menanam pohon pisang. Lalu, mereka pergi ke pinggir sungai dan menemukan sebatang pohon pisang yang hanyut di sungai.

Setelah mendapatkannya, mereka langsung membagi dua pohon pisang tersebut untuk ditanam di rumah masing-masing. Si Kera mengambil bagian ujung, sedangkan Si Kura-Kura diberi bagian pangkal pohon.

Seiring dengan berjalannya waktu, pohon pisang yang ditanam oleh Kura-Kura telah tumbuh tinggi dan berbuah lebat. Sementara itu, pohon pisang yang ditanam oleh Si Kera tidak membuahkan hasil apa-apa.

Saat Si Kera berkunjung ke rumah Si Kura-Kura untuk melihat pohon pisangnya, Si Kura-Kura meminta tolong Kera untuk mengambil buah pisangnya. Namun, sangat disayangkan, Kera dengan serakah memakan banyak buah pisang Kura-Kura sendirian dan akhirnya sakit perut.

Setelah kejadian tersebut, Kera merasa bersalah dan meminta maaf kepada Kura-Kura. Walaupun pernah disakiti, Kura-Kura tetap memaafkannya dan tetap menjadi sahabat Si Kera.

2. Sang Tikus dan Raja Hutan

Dongeng sebelum tidur yang mungkin bisa Bunda bacakan juga untuk Si Kecil adalah dongeng anak Sang Tikus dan Raja Hutan. Cerita dongeng yang satu ini mengajarkan kita untuk tidak meremehkan sesama dan berbuat baik seperti tikus dan singa.

Pada suatu pagi di tengah hutan, Singa sang Raja Hutan tengah tertidur pulas. Namun, tanpa disengaja Tikus menyentuh tubuh sang Singa hingga membuatnya terbangun dari tidurnya.

Sang Singa pun marah dan menangkap Tikus itu, tetapi Tikus memohon kepada sang Singa untuk tidak memakannya dan berjanji akan membalas kebaikan hati Singa. Akhirnya Singa pun melepaskannya, tetapi ia meremehkan janji Tikus yang ingin membalas kebaikannya itu.

Pada suatu hari, sang Singa terperangkap jaring pemburu. Mendengar jeritan suara minta tolong, Tikus segera datang menghampiri sang Singa dan menolongnya. Akhirnya sang Singa bisa bebas dari jaring tersebut dan berterima kasih kepada Tikus.

3. Harimau Berguru pada Kucing

Dongeng anak Harimau Berguru pada Kucing mungkin juga bisa Bunda ceritakan kepada Si Kecil sebelum tidur. Cerita dongeng yang satu ini mengajarkan kita untuk tidak memaksakan kehendak seseorang.

Di sebuah hutan terdapat seekor kucing yang pandai, bijaksana, dan adil. Kucing tersebut diangkat menjadi guru oleh binatang penghuni hutan, Harimau dan Singa adalah dua murid yang paling cerdas, Mereka ingin sekali belajar memanjat pohon dari sang Kucing.

Namun, sang Kucing malah memberikan beberapa latihan ilmu lain agar kedua muridnya tersebut lupa dengan permintaannya yang ingin belajar memanjat pohon. Semakin lama, si Harimau merasa dirinya telah dibohongi oleh sang Kucing.

Harimau marah dan berusaha mengejar sang Kucing untuk menerkamnya. Dengan kelincahannya tersebut, sang Kucing melarikan diri sampai memanjat dan duduk di atas pohon. Harimau yang melihat kejadian tersebut, begitu tercengang dan menyesal karena gurunya ternyata tidak berdusta.

4. Mengapa Beo Selalu Menirukan Suara?

Bunda, begitu banyak dongeng anak yang menyampaikan pesan moral, seperti cerita dongeng Mengapa Beo Selalu Menirukan Suara? Dongeng sebelum tidur ini memberikan pelajaran bahwa anak yang suka menghina tidak akan disayangi teman-temannya.

Dongeng ini bermula dari Singa si Raja Hutan yang mengumpulkan rakyatnya. Singa mengumumkan ia akan mengadakan perlombaan suara paling bagus dan enak didengar, tetapi tidak boleh meniru suara temannya.

Menjelang perlombaan, seluruh binatang sibuk melatih suara agar menjadi pemenang. Namun, berbeda dengan Beo yang hanya menirukan dan menertawakan suara teman-temannya itu.

Tibalah waktu perlombaan, semua binatang menampilkan keterampilannya satu-satu, sampai akhirnya tiba giliran Beo menunjukkan suaranya. Tak disangka, ia lupa dengan suaranya sendiri karena sibuk menirukan suara teman-temannya. Konon, sampai saat ini Beo selalu menirukan suara-suara yang didengarnya, lho.

Kita simak cerita lainnya di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Simak juga video tentang 3 manfaat mendongeng untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



SEEKOR ANJING YANG TAMAK HINGGA TIGA SAHABAT ZEBRA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!