sign up SIGN UP search


parenting

Ketahui Kategori Skor Hasil Tes IQ: Apa Artinya hingga Ciri-ciri Anak Ber-IQ Tinggi

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 28 Jul 2022 12:35 WIB
Science and education concept. AI (Artificial Intelligence). Ilustrasi Ketahui Kategori Skor Hasil Tes IQ: Apa Artinya hingga Ciri-ciri Anak Ber-IQ Tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Intelligence Quotient (IQ) adalah angka yang mengukur kecerdasan individu berdasarkan kinerja tes mereka di bidang pemahaman verbal, penalaran perseptual, memori, dan kecepatan pemrosesan.

Ini dilakukan dengan mengukur usia kronologis terhadap usia mental, yang diukur dengan seberapa baik anak melakukan tes IQ. Demikian dikutip dari Business Insider.

Orang sering berbicara tentang skor IQ yang sangat tinggi, sering disebut sebagai skor IQ jenius, tetapi apa sebenarnya arti angka-angka ini? Apakah orang-orang dalam kelompok IQ jenius benar-benar jauh lebih baik daripada mereka yang berada dalam kelompok IQ tinggi atau bahkan IQ rata-rata?


Lalu, apakah para jenius lebih sukses daripada rekan-rekan mereka yang ber-IQ lebih rendah? Para ahli menyarankan bahwa selain tes IQ, ada tes lainnya seperti EQ untuk menentukan kecerdasan.

Pembagian angka IQ

Dilansir Very Well Mind, dalam banyak kasus, skor tes IQ yang berada di bawah 70 dianggap IQ rendah, sedangkan skor di atas 140 menunjukkan IQ tinggi. Di masa lalu, skor di bawah 70 digunakan sebagai penanda untuk mengidentifikasi disabilitas intelektual.

Saat ini, skor tes saja tidak cukup untuk mendiagnosis disabilitas intelektual karena ahli diagnosa juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia dan keterampilan adaptif.

Berikut ini adalah rincian kasar dari berbagai rentang skor IQ. Beberapa tes menyajikan skor secara berbeda dan dengan interpretasi yang berbeda tentang apa arti skor tersebut.

Klasifikasi ini berasal dari rangkaian tes IQ Wechsler untuk anak-anak dan orang dewasa.

Klasifikasi Deskriptif Tingkatan IQ

  • 130+ Sangat Unggul
  • 120 hingga 129 Unggul
  • 110 hingga 119 Rata-Rata Tinggi
  • 90 hingga 109 Rata-rata
  • 80 hingga 89 Rata-Rata Rendah
  • 70 hingga 79 Garis Perbatasan
  • 69 & di bawah Cacat Intelektual

Bagaimana IQ Dihitung

Secara historis, tes IQ telah dinilai dengan salah satu dari dua cara. Dalam metode pertama, usia mental seseorang dibagi dengan usia kronologis mereka dan kemudian dikalikan dengan 100. Metode lain melibatkan membandingkan skor terhadap skor orang lain dalam kelompok usia yang sama.

Dalam metode ini, psikometri menggunakan proses yang dikenal sebagai standarisasi untuk memungkinkan membandingkan dan menafsirkan arti skor IQ. Proses ini dicapai dengan memberikan tes pada sampel yang representatif dan menggunakan skor ini untuk menetapkan standar, biasanya disebut sebagai norma, di mana semua skor individu dapat dibandingkan.

Misalnya, pada The Wechsler Adult Intelligence Scale dan tes Stanford-Binet, skor yang berada di antara 90 dan 109 dianggap sebagai skor IQ rata-rata. Pada tes yang sama ini, skor yang berada di antara 110 dan 119 dianggap sebagai skor IQ rata-rata yang tinggi. Skor antara 80 dan 89 tergolong rata-rata rendah.

Jadi dalam kebanyakan kasus, jika anak menerima skor IQ sekitar 100, maka anak memiliki apa yang dianggap sebagai IQ rata-rata.

Nah, apa yang menandakan anak punya skor IQ tinggi? Baca di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Rajin mengerjakan PR malah bikin IQ EQ turun? Simak penjelasannya melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA ANAK PUNYA IQ TINGGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!