sign up SIGN UP search

parenting

Apa Perbedaan IQ, EQ, dan SQ? Bunda Perlu Tahu

Anggi Astuti   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 10:01 WIB
Apa Perbedaan IQ, EQ, dan SQ? Bunda Perlu Tahu Ilustrasi Apa Perbedaan IQ, EQ, dan SQ? Bunda Perlu Tahu. Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta -

Setiap individu memiliki kecerdasan yang berbeda, begitu juga dengan Si Kecil. Sehingga, penting bagi Bunda untuk mengetahui tentang berbagai aspek kecerdasan.

Berbicara soal kecerdasan, pasti Bunda sudah tidak asing dengan istilah IQ, EQ dan juga SQ. Meskipun sama-sama tergolong ke dalam jenis kecerdasan dan terdengar serupa, ketiganya memiliki perbedaan yang signifikan, Bunda.

Biasanya untuk mengetahui level kecerdasan seseorang dilakukanlah sebuah tes, misalnya tes IQ. Namun, sebenarnya apa saja ya perbedaan antara IQ, EQ, serta SQ? Apakah untuk mengetahui EQ dan SQ juga perlu dilakukan tes? Simak lebih lanjut yuk Bunda.


IQ (Intelligence Quotient) berkaitan dengan kemampuan kognitif seseorang. EQ (Emotional Quotient) untuk mengukur kecerdasan emosional. Sedangkan, SQ (Spiritual Quotient) erat kaitannya dengan kecerdasan spiritual.

“IQ berarti skor kemampuan dia dalam hal kognitif. Kalau EQ bisa pengukuran atau skala yang menunjukkan aspek emosi. Kalau SQ, skala yang menunjukkan kemampuan spiritual. Walaupun gini ya, di psikologi tidak semudah itu untuk mengukur EQ dan SQ,” kata Devi Sani, M.Psi., psikolog anak dan remaja saat Live Instagram bersama HaiBunda, belum lama ini.

Perbedaan IQ, EQ, dan SQ

Simak yuk apa saja perbedaannya dalam ulasannya di bawah ini:

Apa itu IQ (Kecerdasan intelegensi)

Intelegensi menurut Wechsler berarti kemampuan global karakteristik individu secara umum yang menunjukkan kemampuan untuk berpikir rasional dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

IQ-nya berarti skor kemampuan seseorang dalam hal kognitif. Seperti apa proses individu dalam menerima sebuah informasi atau pengetahuan.

Intelligence itu tergantung, menurut Wechsler intelegensi adalah gabungan kemampuan umum, kemampuan menyeluruh yang menggambarkan kemampuan anak untuk bertindak dengan tujuan, kemampuan berpikir secara rasional, dan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jadi, IQ itu adalah kemampuan umum seorang individu dalam tiga hal itu,” tutur Devi.

Melansir dari Healthline, IQ mengacu pada kemampuan intelektual seseorang. Adapun elemen-elemen pada kecerdasan yang satu ini, antara lain:

  1. Bagaimana seseorang menggunakan logikanya untuk memecahkan masalah.
  2. Merencanakan serta menyusun strategi.
  3. Memahami ide-ide yang abstrak. Beradaptasi dengan perubahan.
  4. Memahami dan menggunakan bahasa.

Baca selanjutnya tentang EQ dan SQ di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video kenali apa itu tes IQ untuk mengetahui kecerdasan anak:

[Gambas:Video Haibunda]



APA ITU EQ DAN SQ?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!