sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Mukjizat Nabi Yunus Saat Bertahan Hidup dalam Perut Paus

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 18:50 WIB
Arab man praying on mat in desert. Male is in traditional wear. He is kneeling on sand. caption
Jakarta -

Mukjizat Nabi Yunus sangat menarik untuk diketahui semua umat Muslim. Ada banyak pelajaran berharga yang tersemat di dalam kisahnya dan pastinya bisa Bunda dan Si Kecil jadikan panduan dalam mendalami masalah kehidupan.

Mungkin Bunda bisa membuka kisah ini dengan pengertian bahwa Nabi Yunus awalnya ditugaskan oleh Allah SWT untuk kaum Nainawi. Namun, masih ada sifat manusiawi dalam diri Nabi Yunus, sehingga ada rasa kesal karena ditolak dengan berbagai cara oleh kaum tersebut.

Lalu apa yang terjadi sehingga Nabi Yunus bisa ditelan oleh seekor paus? Apa yang dilakukannya sehingga Allah SWT mengampuni dan membuat sang nabi selamat. Bacakan kisahnya berikut untuk Si Kecil ya, Bun.


Banner Fakta IQ AnakFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Kisah mukjizat Nabi Yunus

Seperti yang sudah diketahui, Allah SWT memberikan mukjizat untuk para Nabi dan Rasul-Nya. Hal ini semata-mata sebagai tanda kebesaran Allah dan sebagai pengingat agar semua umat Islam lebih bertaqwa. Dari sekian banyak kisah mukjizat para nabi dan rasul, salah satu yang paling populer ialah kisah mukjizat Nabi Yunus AS.

Di mana mukjizat tersebut sangat luar biasa dan bahkan sulit dijelaskan nalar manusia. Keistimewaan yang diterima Nabi Yunus AS ialah diselamatkan Allah SWT setelah ditelan paus di lautan luas. Jika ditelaah secara logika, memang kisah ini sangat aneh akan tetapi semua itu bisa terjadi atas kehendak Sang Maha Kuasa Allah SWT.

Mukjizat ini dimulai ketika Nabi Yunus AS diutus Allah SWT untuk mengajak para penduduk Nainawi, yang merupakan penduduk kota besar di negeri Mausul Irak, untuk mengimani Allah SWT. Akan tetapi, Nabi Yunus diabaikan dan ditolak penduduk Nainawi dalam dakwahnya. Bahkan para penduduknya tetap memilih tenggelam dalam kekafiran.

Hingga kemudian Nabi Yunus memilih pergi meninggalkan penduduk Nainawi dalam keadaan emosi dan mengancam mereka akan terkena azab dari Allah dalam waktu tiga hari. Tapi setelah meninggalkan kota, Nabi Yunus mulai menaiki perahu bersama satu kaum dan tiba di tengah lautan luas. Saat di tengah laut, perahu mulai oleng dan semua orang ketakutan.

Penumpang perahu mulai melakukan undian untuk menentukan siapa yang akan dilempar ke laut agar meringankan beban muatan. Nahasnya, Nabi Yunuslah yang terpilih hingga kemudian Beliau menceburkan diri ke laut lepas. Tiba-tiba Allah SWT memerintahkan seekor paus besar dari laut hijau untuk bergerak membelah lautan dan menelan Nabi Yunus AS.

Berdasarkan hadis yang sahih, paus tersebut bernama Zun Nun dan Allah SWT memerintahkannya sebagai penjara untuk Nabi Yunus AS. Zun Nun kemudian membawa Nabi Yunus ke dasar laut sambil mendengar suara tasbih batu.

Berdasarkan hadis, Nabi Yunus AS tenggelam bersama paus selama 40 hari. Nabi Yunus tak pernah berhenti berdoa kepada Allah SWT selama berada dalam perut ikan paus. Ia memohon maaf atas kekhilafannya membiarkan emosi menguasai diri dan melupakan perintah Allah SWT.

Itulah kisah tentang mukjizat Nabi Yunus AS. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan Bunda dan Si Kecil tentang kebesaran Allah SWT. Tak lupa, mukjizat ini juga membantu kita mengingat kembali keistimewaan mukjizat Nabi Yunus. (PK)

Simak juga video berikut mengenai empat cara lakukan bonding dengan Si Kecil.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!