sign up SIGN UP search

parenting

Ayo Tebak: Hewan yang Paling Hening & Tidak Mengeluarkan Suara?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 12:18 WIB
Ikan Arwana banyak hidup di sungai-sungai Kalimantan. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto caption
Jakarta -

Tahukah Bunda tentang hewan apa yang paling hening? Hening di sini lebih ditujukan bukan hanya dari suara dari mulut tapi juga dari gerakannya.

Mata pelajaran mengenai hewan yang paling hening ini ditemui dalam pelajaran Sekolah Dasar. Nah, jika Si Kecil sedang mencari jawaban dari pertanyaan ini, maka pas sekali nih, Bun!

Diketahui bahwa di dunia terdapat delapan hewan yang paling hening dan tidak mengeluarkan suara. Apa sajakah mereka?


Banner Fakta IQ AnakFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

7 Hewan yang paling hening di dunia

Berikut ini 7 hewan yang paling hening dan tidak mengeluarkan suara di dunia, yaitu:

1. Ikan merupakan hewan yang paling hening

Ikan tomanIkan hewan paling hening/ Foto: iStock

Ikan diketahui sebagai hewan laut yang tidak memiliki organ suara. Mulai dari ikan kecil seperti ikan mas koki sampai ikan besar seperti hiu, mereka semua tenang di dalam laut. Hanya mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba saja yang bisa mengeluarkan suara.

2. Gurita

Gurita adalah hewan laut yang dilengkapi banyak kemampuan agar tidak terlihat. Baik dari segi suara, tampilan, dan gerakan, semua terkesan semu. Gurita adalah hewan yang suka bersembunyi dan diam di dasar laut. Mereka tidak mengeluarkan suara, gerakannya juga cepat, dan mudah sekali hilang dari pandangan berkat perubahan warna pigmen-nya. Hal ini membuat gurita sangat hebat sembunyi.

3. Ubur-ubur

Pelagia noctiluca is a jellyfish in the family Pelagiidae and the only currently recognized species in its genus. It is typically known in English as the mauve stinger, but other common names are purple-striped jelly (causing potential confusion with Chrysaora colorata), purple stinger, purple people eater, purple jellyfish, luminous jellyfish and night-light jellyfish.Ubur-ubur hewan paling hening/ Foto: Getty Images/cinoby

Ubur-ubur memiliki kemampuan hening sama seperti gurita. Gerakannya di laut tidak menggunakan banyak tenaga sehingga terkesan hening. Gerakan memompa air atau sekedar melayang di tengah laut juga tidak mengeluarkan suara. Hal inilah yang membuat ubur-ubur masuk dalam golongan hewan paling hening.

4. Cacing, hewan yang paling hening

Jika berbicara hewan apa yang paling hening, cacing selalu menjadi salah satunya. Cacing tanah terutama tidak akan menimbulkan suara apapun. Baik saat makan, saat menggali tanah, ataupun saat berkembang biak, cacing tanah tidak akan mengeluarkan suara sedikitpun.

5. Milipedes

Milipedes lebih dikenal sebagai kaki seribu di Indonesia. Serangga ini tidak beracun dan hanya melingkar untuk melindungi diri. Di antara banyak serangga, kaki seribu ini sangat hening. Walaupun kakinya banyak, mereka menggunakan pola gerakan yang tidak menyebabkan banyak getaran.

6. Laba-laba

Laba-laba juga tergolong hewan paling hening. Selain tidak punya organ vokal yang jelas, laba-laba bergerak tanpa getaran. Kombinasi ini membuat laba-laba tergolong hening. Kaki laba - laba memang dirancang untuk mudah bergerak di jaring - jaring tanpa menimbulkan banyak getaran.

Jenis tarantula juga tergolong hening karena mereka adalah pemburu. Jika menimbulkan banyak suara, mereka tidak akan bisa menerkam target makanan mereka.

7. Siput, salah satu hewan yang paling hening

cara mengusir siput dari tanamanSiput hewan paling hening/ Foto: Getty Images/gaffera

Siput bergerak lambat dan tubuhnya licin. Hal ini membuat hewan ini sangat hening. Mereka juga tidak punya organ suara. Semua ini memastikan siput tenang dan masuk sebagai hewan paling hening.

Sekarang Bunda sudah tahu 'kan hewan apa yang paling hening? Sebenarnya masih banyak lagi hewan dipandang hening karena tergantung kategori hewan tersebut. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara membesarkan anak agar cerdas seperti Maudy Ayunda. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!