sign up SIGN UP search


parenting

Contoh Hewan Porifera & Alasan Diperdebatkan Sebagai Tumbuhan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 14:55 WIB
Freshwater Sponge (Spongilla lacustris) Spongillidae Freshwater Underwater Contoh Hewan Porifera & Alasan Diperdebatkan Sebagai Tumbuhan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Allexxandar
Jakarta -

Tahukah Bunda bahwa banyak orang yang belum paham tentang contoh hewan porifera. Hewan ini ternyata masih diperdebatkan, Bun apakah termasuk makhluk hidup binatang atau tumbuhan?

Secara umum porifera masuk dalam jenis kingdom Animalia, yakni hewan invertebrata atau tidak bertulang belakang, selemota (memiliki rongga tubuh), dan termasuk hewan multiseluler yang memiliki sifat primitif. Mereka sering disebut sebagai hewan berpori atau spons lantaran sebagian besar kerangka tubuhnya terbuat dari serabut spongin.

Hewan yang dapat hidup hingga kedalaman 8.500 meter atau lebih ini diketahui merentang hingga terdapat 5.000 spesies spons dan tersebar di seluruh lautan. Hewan ini juga diketahui hidup menempel pada batu atau benda-benda dalam air secara permanen.

Banner Berat Ideal JaninFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Selain itu, jenis hewan ini juga tidak bergerak sendiri lho, Bun. Meskipun habitat hewan ini berada di lautan, ia tidak jarang bisa ditemukan di perairan air tawar. Tidak hanya itu, porifera juga merupakan organisme heterotrof yang tidak dapat membuat makanan sendiri.


Untuk jenis makanannya, mereka mengonsumsi plankton atau bakteri.

Ciri-ciri hewan Porifera

Setelah Bunda mengetahui tentang penjelasan hewan porifera ada baiknya memperkenalkan cirinya pada Si Kecil dengan hal-hal berikut:

1. Porifera tidak memiliki jaringan dan organ sejati

Porifera tidak memiliki jaringan maupun organ seperti organ mulut, pernapasan, dan ekskresi. Karena tidak memiliki organ sejati maka menjadikan hewan ini masuk organisme multiseluler yang primitif.

2. Porifera hidup di air

Selain dapat hidup di air laut, hewan tidak bertulang belakang ini juga dapat hidup di air tawar.

3. Berpori-pori

Contoh hewan porifera memiliki tubuh yang berpori-pori, berbentuk pipih seperti vas bunga atau bercabang, dan melekat di dasar air. Pori-pori tersebut memiliki fungsi sebagai tempat masuknya air yang mengandung bahan makanan ke dalam tubuh.

4. Bentuk tubuh porifera silinder

Bentuk tubuh hewan porifera terbentuk dari serat yang dapat bersifat fleksibel, keras, maupun berkapur menyerupai silinder.

5. Reproduksi generatif

Ciri berikutnya yakni dapat reproduksi secara seksual maupun aseksual. Jika seksual terjadi melalui pertemuan sel telur dan sel sperma. Sedangkan jika aseksual dapat terjadi melalui tunas dan fragmentasi.

Klasifikasi hewan Porifera

Menurut beberapa sumber, mereka diklasifikasikan menjadi tiga, yakni demospongiae, hexactinellida, dan calcarea.

1. Demospongiae

Jenis porifera yang memiliki rangka berupa serabut sponging, di tubuhnya terdapat duri bercampur silikat yang monoakson, heksakson, tetraakson, dan traikson. Seperti spongilla, hippospongia, dan euspongia.

2. Hexactinellida

Salah satu porifera ini rangkanya seperti spiklau yang dibentuk dari zat silikat atau kersik, terdapat duri dengan enam cabang. Di antaranya seperti hewan hyalonema, euplectella, pheronema, dan aspergillum.

3. Calcarea

Jenis kerangka porifera ini berupa spon berkapur, yang terdiri dari spikula kalsium karbonat. Memiliki bentuk tabung dengan ukuran yang kecil sekitar 1 - 3 cm. Contoh hewannya, yakni eucosolenia, botryoides, dan sycon ciliatum.

Itulah tadi ciri-ciri dan klasifikasi contoh hewan porifera yang bisa Bunda pahami serta ajari kepada Si Kecil. Degan begitu suasana belajar wawasan mengenai hewan yang hidup di lautan akan tambah bermakna. (PK)

Simak juga video berikut mengenai kelinci yang beradu makan dengan manusia. Imutnya...!

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!