sign up SIGN UP search


parenting

Pahami Contoh Majas Alegori Bersama Si Kecil Yuk, Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 04:00 WIB
Ilustrasi anak membaca Pahami Contoh Majas Alegori Bersama Si Kecil Yuk, Bun!/Foto: Getty Images/iStockphoto/pondsaksit
Jakarta -

Dalam Bahasa Indonesia, pelajaran soal majas tentu muncul. Salah satu majas yang populer digunakan adalah majas alegori.

Banyak orang belajar tentang hal ini dari membaca contoh majas alegori dan penggunaanya di kalimat. Dan, ini sudah mulai diajarkan sejak di bangku Sekolah Dasar, Bun.

Bunda bisa mulai memahami dan melihat contoh majas alegori ini agar bisa belajar bersama Si Kecil. Simak lebih lengkap penjelasannya ya, Bun.


Banner Berat Ideal JaninFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Apa itu majas alegori?

Majas alegori adalah gaya bahasa yang menyatakan suatu hal atau kejadian dengan cara lain. Biasanya cara ini dengan menggunakan kiasan atau gambaran. Penggunaan majas ini lebih ditujukan untuk menjelaskan sesuatu dengan gambaran yang lebih mudah dicerna.

Majas ini juga berguna saat menekankan hal yang hiperbola. Karena penggunaanya, majas ini sangat berguna untuk menyampaikan kabar atau situasi tertentu.

12 contoh majas alegori

Untuk Bunda yang ingin belajar lebih banyak seputar majas alegori, ada baiknya belajar dari contoh-contohnya. Berikut adalah berbagai contoh majas alegori yang digunakan dalam kalimat:

1. Bayi adalah makhluk tanpa dosa, layaknya kanvas putih yang masih bersih tanpa noda.
2. Hidup selalu bergerak maju dan berputar layaknya roda, terkadang keberuntungan ada di atas, tapi bisa juga ada di bawah.
3. Jika ingin pintar, para siswa harus mengasah otak mereka layaknya pisau agar selalu tajam dan mudah digunakan.

4. Deni itu orangnya seperti hewan buas saat makan. Aku lelah membersihkan meja kalau dia habis bersantap.
5. Ilmu pengetahuan adalah lentera yang membuka malam bagi umat manusia untuk terus maju.
6. Koruptor itu sama seperti tikus yang menggerogoti pilar-pilar negara, mereka harus dibasmi jika tidak ingin Indonesia runtuh!

7. Misteri kasus ini sedalam jurang bawah laut yang penuh kegelapan, sudah 10 tahun investigasi tidak jelas siapa pelaku pembunuhannya.
8. Wah, cantiknya anak dari Bunda! Baru kali ini melihat bayi secantik bidadari.
9. Hidup itu bagaikan meraih barang di kotak hadiah, kamu tidak tahu apa yang bisa kamu dapat dari situ.

10. Tubuh manusia itu bisa disamakan mesin, kalau tidak dirawat dan digunakan baik, pasti cepat rusak.
11. Kalo mau hidup nyaman ya biarkan mengalir saja kayak sungai. Selama mengalir dan tidak lawan arus, pasti semua lancar jaya.
12. Bagi mereka yang merasa stres dan tidak tahu arah hidup maka bisa lebih fokus ibadah agar hidup lebih ringan secara mental.

Dari penjelasan definisi dan contoh majas alegori di atas, Bunda akan lebih mudah menjelaskan hal tersebut kepada Si Kecil. Semoga bahasan di atas berguna untuk momen belajar bersama Bunda dan Si Kecil ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai pilar kebebasan yang baik untuk anak. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!