sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Cerita dan Jenis Fabel yang Bisa Diajarkan pada Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 18:55 WIB
Ilustrasi ibu dan anak membaca buku Kenali Cerita dan Jenis Fabel yang Bisa Diajarkan pada Anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/maruco
Jakarta -

Pastinya Bunda dan Si Kecil sudah tidak asing lagi dengan cerita yang semua pemainnya adalah binatang. Cerita itu biasanya dikenal dengan sebutan cerita fabel.

Tak hanya menampilkan hewan saja, cerita fabel juga akan menampilkan keseluruhan kehidupan dari jenis tumbuh-tumbuhan yang ada. Selain itu, fabel juga terbagi menjadi beberapa jenis yang disesuaikan dengan isi ceritanya.

Dari cerita fabel pula, Bunda bisa mengajarkan mengenai nilai moral pada Si Kecil. Bahkan sudah sering 'kan cerita fabel menjadi cara menyisipkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak?


Banner Berat Ideal JaninFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Cerita fabel

Fabel merupakan dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utamanya. Tokoh tersebut kemudian dibuat dengan perilaku yang menyerupai manusia, mulai dari pikiran, perasaan, cara bicara, sikap, dan interaksi yang dilakukan.

Fabel sendiri merupakan dongeng yang mendidik dan juga didaktis karena fabel akan menonjolkan kebodohan dan juga kelemahan dari manusia. Biasanya fabel digunakan sebagai kiasan kehidupan manusia dan digunakan untuk memberikan didikan bagi masyarakat.

Jenis fabel

Berikut ini jenis-jenis fabel berdasarkan waktu kemunculannya, berdasarkan watak dan latar, serta berdasarkan letak pesannya.

1. Jenis fabel berdasarkan waktu kemunculannya

Fabel klasik

Fabel klasik merupakan jenis fabel yang sudah ada sejak zaman dahulu, namun tidak diketahui dengan pasti kapan waktu kemunculannya. Fabel klasik ini telah diwariskan secara turun temurun melalui sarana lisan.Ciri-ciri dari fabel klasik adalah ceritanya yang sangat pendek, kental dengan petuah, memiliki tema yang sederhana, dan sifat hewani yang masih sangat melekat.

Fabel modern

Fabel modern merupakan jenis fabel dengan cerita muncul dalam waktu yang belum lama dan sengaja ditulis oleh para pengarang sebagai bentuk dari ekspresi kesastraan. Ciri-ciri dari fabel modern adalah ceritanya bisa panjang ataupun pendek, kadang berupa epik atau saga, memiliki tema yang lebih rumit, dan karakter pada setiap tokohnya memiliki keunikan tersendiri.

2. Jenis fabel berdasarkan watak dan latar

Fabel alami

Fabel alami merupakan jenis fabel yang menggunakan watak dari tokoh binatang dan alam semesta sebagai latar ceritanya. Sebagai contoh, singa diberi watak yang ganas dan menjadi seorang pemimpin, sementara ular digambarkan dengan watak yang licik dan culas. Kemudian untuk latar yang digunakan pada fabel tersebut adalah latar alam yang alami, seperti hutan, gunung, danau, gurun.

Fabel adaptasi

Sesuai dengan namanya, fabel adaptasi merupakan jenis fabel yang berarti perpindahan, penyesuaian, dan juga penerjemahan dari sebuah cerita yang lama menjadi cerita yang baru. Fabel adaptasi ini mengubah watak tokoh binatangnya dan menggunakan latar tempat yang mirip seperti kehidupan manusia, mulai dari rumah, sekolah, hingga pasar.

3. Jenis fabel berdasarkan letak pesannya

Fabel dengan koda

Koda merupakan bagian terakhir dari sebuah teks cerita yang berisikan pesan-pesan dan juga amanat dari cerita fabel yang telah disampaikan. Fabel dengan koda merupakan jenis fabel yang memunculkan koda atau pesan di akhir cerita secara tersurat.

Fabel tanpa koda

Fabel tanpa koda merupakan jenis fabel yang tidak memunculkan koda atau pesan yang tersurat di akhir ceritanya. Koda yang terdapat pada jenis fabel ini biasanya tertuang secara tersirat atau eksplisit dalam keseluruhan cerita yang disampaikan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu fabel beserta dengan jenis-jenis fabel dari berbagai sisi mulai dari waktu kemunculannya, watak dan latarnya, hingga letak pesan pada cerita fabel tersebut. Semoga penjelasan yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Bunda dan Si Kecil ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai ciri anak yang tidak nyaman di sekolah. Haruskah pindah sekolah, Bun?

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!