sign up SIGN UP search


parenting

BIAN Tahap 2 Mulai Digelar 1 Agustus, Ini Daftar Imunisasi yang Harus Dikejar

Anggi Astuti   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 19:01 WIB
BIAN 2022 Tahap II Mulai 1 Agustus, Ini Daftar Imunisasi yang Harus Dikejar Ilustrasi BIAN Tahap II Mulai Digelar 1 Agustus, Ini Daftar Imunisasi yang Harus Dikejar. Foto: Getty Images/gahsoon
Jakarta -

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) ialah program pemerintah guna mengejar cakupan imunisasi pada anak. Bulan Mei lalu, BIAN Tahap I sudah diselenggarakan. Nah, di bulan Agustus ini akan digelar Tahap II, Bunda.

Seperti diketahui, program yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Bunda yang selama pandemi COVID-19 sempat menunda imunisasi anak-anak. Sekarang inilah saatnya untuk mengajak Si Kecil imunisasi kalau ada yang belum lengkap.

Memang benar selama pandemi COVID-19 imunisasi rutin tidak bisa berjalan secara optimal. Cakupan imunisasi dasar lengkap maupun imunisasi lanjutan menurun secara signifikan.


Misalnya saja pada bayi, mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, terdapat lebih dari 1,7 juta bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar terhitung selama periode 2019-2021.

Sementara itu, anak yang imunisasinya tidak lengkap rentan terkena penyakit yang seharusnya bisa dicegah melalui imunisasi. Kalau angka cakupan imunisasi ini tidak terkejar, dikhawatirkan jumlah kasus berbagai penyakit malah melonjak karena tidak terjadi herd immunity.

Akibatnya anak-anak di suatu daerah bisa berpotensi mengalami outbreak penyakit, seperti polio, campak, rubela, hepatitis B, penyakit tuberkulosis, difteri, serta tetanus maternal dan neonatal.

Padahal penyakit-penyakit tersebut sebetulnya termasuk ke dalam kategori penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Salah satu penyakit yang tergolong kategori endemis ialah campak dan rubela. Di tahun 2021 jumlah kasus yang tercatat sebanyak 132 kasus tersebar di beberapa kota dan provinsi. Sedangkan, jumlah kasus rubela sebanyak 267 di 25 provinsi.

Untuk itu, diadakanlah program BIAN ini yang dibagi menjadi dua tahap. Namun, apa bedanya ya, BIAN Tahap I dan Tahap II? Kapan pelaksanaannya? 

BIAN 2022 Tahap II

Waktu pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional ini dibagi menjadi dua tahap. Perbedaannya terletak pada waktu pelaksanan dan daerah sasarannya, Bunda.

Tahap I sudah diadakan pada bulan Mei 2022 lalu. Ditujukan bagi masyarakat seluruh provinsi yang ada di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan juga Papua.

Nah, kalau di tahap II diselenggarakan pada bulan Agustus 2022. Dikhususkan bagi masyarakat seluruh provinsi di pulau Jawa dan provinsi Bali.

Baca tentang imunisasi apa saja yang dikejar dalam BIAN 2022 tahap II ini di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video fakta-fakta seputar imunisasi anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JANGAN SAMPAI TERLEWAT YA, BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!