parenting

BIAN Tahap 2 Mulai Digelar 1 Agustus, Ini Daftar Imunisasi yang Harus Dikejar

Anggi Astuti   |   HaiBunda

Senin, 01 Aug 2022 19:01 WIB

Siapa saja anak yang akan diimunisasi?

Melalui program ini pemerintah berupaya membentuk kekebalan populasi yang merata pada anak-anak. Lebih jauh lagi, tujuan khususnya ingin menghentikan transmisi virus campak dan rubela, mencegah penyakit polio, serta difteri.

Sasaran program BIAN terbagi menjadi dua juga. Pertama, imunisasi tambahan campak-rubela. Kedua, pemberian imunisasi kejar bagi anak yang terlewat imunisasi.

1. Imunisasi tambahan campak-rubela

Imunisasi tambahan diberikan untuk kelompok umur tertentu yang dianggap paling berisiko terkena penyakit seperti campak dan rubela. Rentang usia anak yang menerimanya tergantung dari daerah masing-masing, Bunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Untuk anak-anak di daerah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sasaran imunisasi tambahan campak-rubela diberikan untuk rentang usia 9-59 bulan.

Banner Cerita Bunda Ani Milliki Anak Ber-IQ Superior

2. Imunisasi kejar

Sementara, imunisasi kejar diberikan kepada anak yang belum menerima atau terlewat dosis imunisasi sesuai usianya. Imunisasi kejar sasarannya anak usia 12-59 bulan. Terutama bagi yang belum lengkap imuniasi OPV, imunisasi IPV, dan imunisasi DPT-HB-Hib.

Dimana tempat pelaksanaannya?

Tak perlu bingung Bunda, BIAN diadakan di berbagai fasilitas kesehatan setempat. Beberapa di antaranya, puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun swasta, klinik, atau fasilitas kesehatan lainnya.

Dengan begitu, jika Si Kecil hendak diimunisasi Bunda bisa memilih fasilitas kesehatan terdekat dari rumah.

Tak hanya itu, BIAN juga dilakukan di sekolah, posyandu, bahkan bisa juga melalui fasilitas mobil Puskesmas keliling. Tentunya sesuai dengan daerah masing-masing ya, Bunda.

(fir/fir)
Loading...

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT