sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Memilih Dot dan Botol yang Aman untuk Si Kecil, Bebas BPA Salah Satunya

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 08 Aug 2022 19:10 WIB
Sanitizing the baby things in UV Sterilizer and dryer, new technology for sanitize the baby things by UV Light. caption
Jakarta -

Tidak semua Bunda beruntung dapat memberikan ASI secara langsung kepada Si Kecil. Namun, ada beberapa Bunda yang memilih memberikan ASI melalui bantuan media botol dan dot.

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, kebersihan dot dan botol yang digunakan oleh Bunda harus selalu dijaga kebersihannya. Hal ini karena mulut bayi merupakan jalan masuk bagi kuman.

"Tentunya kita harus memperhatikan (kebersihan dot dan botol) karena ini sesuatu yang masuk ke dalam mulut bayi, salah satu jalan masuk untuk kuman melalui mulut," katanya dalam Instagram Live HaiBunda bersama Baby Huki pada Senin (8/8/2022).


"Kuman itu bisa virus, bakteri, jamur. Tentunya akan mengganggu kesehatan Si Kecil apalagi masih usia dini, daya tahan tubuhnya belum seperti kita, jadi lebih rentan terhadap kuman yang bisa menyebabkan penyakit," lanjutnya.

Seperti yang Bunda ketahui, ada berbagai macam media pemberian ASI yang bisa digunakan jika Si Kecil tidak mau menyusu secara langsung. Bunda bisa menggunakan cup feeder, pipet, sendok, ataupun dot dan botol yang bisa jadi alternatif. Namun, sebelum memilih media tersebut, Bunda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

"Keperluan menggunakan botol dan dot ini terpaksa diberikan apabila ada beberapa ibu yang kesulitan memberikan DBF, kita tau bahwa ASI yang terbaik, bukan hanya ASI-nya, tapi juga proses menyusui itu sendiri proses stimulasi bagi bayi," tutur dr Caessar.

"Nah, tetapi mungkin ada ibu yang kurang beruntung. ASI-nya ada tapi karena satu dan lain hal sulit memberikan ASI secara langsung, entah karena kesibukan atau karena faktor-faktor yang lain," sambungnya.

Bunda sebaiknya memastikan media pemberian ASI seperti botol dan dot dipastikan kebersihannya dan keamanan produknya. Lalu bagaimana cara mengetahui produk botol dan dot aman untuk Si Kecil?

Tips memilih botol dan dot

Pemilihan botol dan dot untuk Si Kecil juga enggak bisa sembarangan nih, Bunda. Ada beberapa tips yang dibagikan oleh dr Caessar agar Bunda tidak salah langkah. Berikut ini deretannya:

1. Perhatikan usia bayi

Usia bayi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan dot dan botol, Bunda. Hal ini karena masing-masing bayi masih mengalami pertumbuhan.

"Yang pertama, kita harus memperhatikan usia bayi. Karena biasanya masing-masing produk sudah ada peruntukkan usianya, misalnya (untuk bayi) 0-3 bulan, 3-6 bulan. Jadi yang pertama memang disesuaikan dengan usianya," ujar dr Caessar.

Baca tips memilih botol dan dot lainnya di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tips memilih botol bayi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMILIH DOT DAN BOTOL LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!