sign up SIGN UP search


parenting

7 Hal Penting Saat Memilih Baby Bouncer, Keselamatan hingga Cara Membersihkan

Kinan   |   Haibunda Selasa, 16 Aug 2022 20:00 WIB
Adorable baby girl sitting in bouncer and playing with colorful toys caption

Baby bouncer menjadi salah satu perlengkapan bayi yang cukup penting, terutama untuk menemani waktu bermain Si Kecil. Nah, bagaimana cara tepat memilih baby bouncer sesuai kebutuhan?

Seperti dikutip dari Healthline, sebagian besar orang tua menyetujui bahwa pemilihan bouncer sangat penting karena menentukan awet atau tidaknya pemakaian di kemudian hari. 

Ya, bouncer bisa menjadi tempat favorit bayi untuk bermain dan menghabiskan waktu dengan bersantai. Bahkan baby bouncer dengan fitur ayunan yang lembut juga bisa menenangkan bayi yang rewel, lho.


Dengan memilih yang tepat, Bunda bisa merasakan manfaat dari penggunaan ayunan bayi ini. Diketahui di pasaran ada beberapa jenis nama dari benda ini: baby bouncer, baby rocker dan baby swing. Apa sih bedanya?

  • Bouncer: Ini biasanya memiliki pergerakan naik-turun, dan beberapa merek juga menyertakan fitur getaran. Bouncer sering kali menyertakan perlengkapan mainan, baik yang digantung di atas kepala bayi atau di atas kaki bayi.
  • Rocker: Mirip dengan bouncer, tetapi biasanya baby rocker dilengkapi dengan pergerakan maju mundur yang lembut (biasanya tanpa komponen mesin).
  • Swing: Baby swing yakni berupa kursi gantung yang memiliki gerakan mengayun maju mundur yang lebih lebar. Alat ini biasanya digerakkan oleh mesin untuk mengontrol kecepatan dan jangkauan gerakan kursi.

Tips memilih baby bouncer

Dikutip dari What to Expect, kecocokan baby bouncer pada tiap bayi bisa berbeda-beda. Ini sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhannya masing-masing. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Ukur kamar terlebih dahulu

Beberapa jenis bouncer mungkin memiliki ukuran yang besar, dengan gerakan ayunan yang cukup lebar sehingga membutuhkan ruang cukup. Pastikan model yang dipilih sesuai dan memiliki cukup ruang untuk bergerak.

Jangan memaksakan diri membeli bouncer ukuran besar jika ruangan kamar Si Kecil sudah banyak mainan atau kemungkinan tidak cukup.

Ilustrasi bayi tidur di bouncerIlustrasi bayi tidur di bouncer/ Foto: Nurvita Indarini

2. Keamanan dan keselamatan

Saat mencari bouncer untuk buah hati, faktor  keamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama. Selain memeriksa anjuran usia, kursi bouncer bayi harus memiliki fitur keamanan yang tepat. 

Jika memungkinkan, cari produk bouncer yang dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk melindungi bayi agar tidak terjatuh. Pastikan juga bouncer memiliki alas anti-selip agar tidak licin. 

Simak tips penting lainnya dalam memilih bouncer di halaman berikut yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga yuk memanfaatkan barang di sekitar kita agar anak lebih nyaman di stroller, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT AKAN MEMBELI BOUNCER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!