sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Membuat Magnet Bareng Si Kecil di Rumah, Ajak Eksperiman Yuk Bun

Kinan   |   Haibunda Jumat, 16 Sep 2022 20:50 WIB
3 Cara Membuat Magnet Bareng Si Kecil di Rumah, Ajak Eksperiman Yuk Bun caption
Jakarta -

Tahukah Bunda bahwa ada cara membuat magnet yang bisa diterapkan bareng Si Kecil di rumah? Ya, belajar tak hanya bisa dilakukan di sekolah, tapi juga melalui eksperimen atau bahkan sambil bermain di rumah.

Magnet adalah suatu kemampuan objek atau benda yang dapat menarik suatu benda-benda lain di sekitarnya. Kemampuan ini disebut dengan daya tarik, yaitu gaya yang diberikan oleh magnet saat menarik.

Seperti yang Bunda ketahui, daya tarik adalah gaya yang diberikan oleh magnet ketika mereka menarik atau menolak satu sama lain. Daya tarik disebabkan oleh gerak muatan listrik.


Cara membuat magnet di rumah

Magnet sendiri memiliki dua kutub: kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Apabila dua kutub yang berbeda disatukan maka akan terjadi sifat tarik menarik. Sebaliknya, jika kutub yang sama didekatkan maka akan saling tolak-menolak.

Ingin coba bereksperimen membuat magnet bareng Si Kecil di rumah, Bunda?

Dikutip dari buku Pembelajaran Konsep Listrik dan Magnet yang ditulis oleh Dr Saminan, MPd, ada tiga cara membuat magnet yaitu:

1. Cara membuat magnet dengan menggosok

Ambil magnet dan bahan yang hendak dijadikan magnet, misalnya sebatang besi. Lalu gosokkan magnet pada besi. Kutub magnet yang digosok boleh sembarang, artinya boleh dimulai dengan kutub utara maupun selatan.

Arah gosokan juga bisa searah jarum jam atau pun berlawanan. Yang terpenting, gosokan yang dilakukan hanya satu arah saja alias tidak bolak-balik.

Cara membuat magnet dengan metode gosokan juga bisa dilakukan dengan menggunakan penjepit kertas. Gosok magnet ke penjepit secara cepat, lalu sentuhkan penjepit kertas tersebut ke bagian logam yang lebih kecil.

Apakah potongan logam kecil menempel pada penjepit kertas? Jika ya, artinya Si Kecil berhasil membuatnya menjadi magnet. Apabila logam belum menempel pada penjepit kertas, gosokkan 50 kali lagi dan coba lagi. 

Simak cara-cara lainnya di halaman berikut yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video cara agar Si Kecil nyaman di sekolah tanpa perlu diawasi Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBUAT MAGNET DENGAN METODE INDUKSI DAN ARUS LISTRIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!