sign up SIGN UP search


parenting

Contoh Ekosistem dalam Kehidupan Sehari-hari: dari Alami hingga Buatan

Kinan   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 19:06 WIB
ilustrasi berkebun Ilustrasi Contoh Ekosistem dalam Kehidupan Sehari-hari: dari Alami hingga Buatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock
Jakarta -

Dalam kehidupan makhluk hidup, semuanya tertata dan saling memengaruhi. Kondisi ini pun menjadi contoh ekosistem dalam suatu lingkungan, baik yang alami maupun buatan.

Dikutip dari buku Biologi SMA dan MA untuk Kelas X oleh Diah Aryulina, Choirul Muslim, dkk, ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya, yang kemudian membentuk suatu sistem.

Contoh ekosistem adalah ekosistem danau, sungai, laut, pantai berpasir, dan hutan. Interaksi antar-organisme dan interaksi organisme dengan alam sekitarnya merupakan objek kajian dalam tingkat ekosistem.


Perlu dipahami bahwa komponen suatu ekosistem mencakup seluruh makhluk hidup dan makhluk tidak hidup yang terdapat di dalam lingkungan tertentu.

Komponen ekosistem: hidup dan tak hidup

Komponen ekosistem merupakan bagian dari suatu ekosistem yang menyusun di dalamnya. Komponen ini dibagi menjadi dua bagian: hidup dan tak hidup.

Komponen hidup sering kali disebut juga sebagai komponen biotik, sementara komponen tak hidup disebut komponen abiotik.

Keberadaan makhluk hidup dalam suatu contoh ekosistem akan membentuk proses rantai makanan. Sementara itu, komponen tak hidup juga berperan penting dalam memengaruhi kelangsungan hidup dalam suatu ekosistem.

Beberapa contoh komponen tak hidup tersebut misalnya sinar matahari, air, angin, dan udara.

Contoh ekosistem berdasarkan proses terbentuknya

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, Kimia) untuk SMP Kelas VII oleh Djoko Arisworo, dkk, berdasarkan proses terbentuknya contoh ekosistem terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Ekosistem alami

Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alamiah, tanpa campur tangan manusia. Contoh ekosistem alami di antaranya rawa, sungai, dan laut.

2. Ekosistem buatan

Contoh ekosistem buatan yakni jika suatu ekosistem sengaja dibuat oleh manusia. Misalnya seperti sawah, kebun, kolam, waduk dan akuarium.

Simak ulasan lebih lanjut di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video tips olahraga untuk anak balita berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CONTOH EKOSISTEM BERDASARKAN HABITAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!